Penyebab Korosi Pada AC

Awas !! Penyebab Korosi Pada AC | 0816-872-044

Penyebab Korosi Pada ACPenyebab Korosi Pada AC – Korosi atau yang biasa kita kenal dengan sebutan karat adalah kondisi yang terjadi ketika permukaan besi / logam bersentuhan dengan gas atau cairan kimiawi. Korosi menyebabkan besi / logam menjadi berlubang, rapuh, dan berubah warna menjadi coklat dan kasar.

Pada AC kemungkinan terjadi karat atau korosi bisa terjadi, namun tidak terlalu sering juga kita temui. Kali ini ahliAC sebagai Kontraktor AC Berpengalaman akan memberikan sedikit informasi penyebab karat pada spare parts AC.

Baca juga :

Penyebab Korosi Pada AC menurut versi ahliAC

Karena AC memiliki unit di indoor dan outdoor maka keduanya memiliki kerentanan terhadap karat atau korosi yang berbeda. Pada unit indoor biasanya jarang terjadi karat pada spare parts berbahan besi / logam. Berbeda dengan unit outdoor, terkadang ada beberapa spare parts yang berkarat. Penyebab Korosi Pada AC bisa beragam, nah sekarang kami berikan informasi penyebab karat tersebut yang terjadi di unit indoor maupun outdoor.Penyebab Korosi Pada AC

Air Hujan

Penyebab Korosi Pada AC – Biasanya hujan dapat menyebabkan karat pada unit outdoor pada bagian spare parts ataupun pada cover-nya. Namun perlu di ingat, tidak semua tempat memiliki kadar air pada hujannya yang sama. Pengaratan akibat air hujan ini terjadi jika wilayah atau daerahnya berada di dekat pantai. Karena hujan yang terjadi di dekat pesisir pantai biasanya mengandung kadar garam yang cukup tinggi.

Untuk mencegahnya anda bisa menutup unit outdoor-nya dengan plafon kecil yang bisa dibuat sendiri. Bisa juga anda menutupnya dengan fiber bagian atasnya supaya air hujan tidak mengenai langsung pada unit AC bagian outdoor.

Air Tanah

Penyebab Korosi Pada AC – Selain air hujan, air yang berasal dari tanah ternyata bisa menjadi penyebab karat pada spare parts AC loh. Sama seperti air hujan, air tanah yang dapat menyebabkan karat dengan cepat adalah air tanah yang berada di sekitar pesisir pantai atau berada cukup dekat dengan pantai. Air tanah tersebut kemungkinan masih memiliki kadar garam yang tinggi yang dapat menyebabkan karat lebih cepat pada spare parts dengan bahan besi / logam.

Saran Penggunaan Air Untuk Cuci AC

Jadi jika anda tinggal berada dekat pantai pada saat cuci AC kami sarankan jangan menggunakan air tanah. Anda bisa menggunakan air galon isi ulang atau air PAM jika ada. Dengan menggunakan air galon isi ulang atau air PAM maka anda dapat mencegah pengaratan pada AC anda.

ahliAC sebagai Kontraktor AC Berpengalaman

Penyebab Korosi Pada ACPenyebab Korosi Pada AC – ahliAC adalah HVAC (Heating Ventilation Air Conditioning) specialist yang memiliki jaringan berbagai kota besar di Indonesia yang di dukung oleh Tenaga ahli dari industri tata udara.  Pengalaman dalam dunia Air Conditioning (AC) membuat kami tetap exist dan di percaya oleh customer bahkan brand terkenal seperti Daikin, Panasonic, Gree dan beberapa brang AC terkenal lainnya.Sebagai Kontraktor AC terbaik dan berpengalaman kami dipercaya menjadi Dealer resmi brand AC  terkenal  bahkan tidak hanya sampai di situ kami pun merupakan service center dari Brand AC tersebut. Konsistensi dan pelayanan yang prima  serta team yang di tunjang dengan keahlian diatas rata-rata merupakan satu kesatuan dalam pelayanan jasa service AC ataupun project yang di percayakan kepada kami.

Scope kerja ahliAC sebagai Kontraktor AC Terbaik

Penyebab Korosi Pada AC – Kami memiliki pengelompokan kerja sebagai bagian dari sistem management agar seluruh pekerjaan dapat berjalan dengan baik, disamping itu kami menerapkan Standard Operation Procedure yang jelas dalam setiap pengerjaan yang berhubungan dengan AC.

Desain dan Instalasi

Penyebab Korosi Pada AC – Pada pengerjaan suatu project pemasangan AC baru baik untuk unit AC Split rumahan sampai AC sentral di perkantoran atau gedung bertingkat, disain installasi, tataletak unit indoor maupun outdoor sangat diperlukan. Salah satu keuntungannya adalah kita dapat memprediksi bahkan menghitung perkiraan panjang installasi yang di perlukan bahkan sampai perkiraan biaya.

Perancangan ini sangat di perlukan agar unit yang dipasang dapat tertata rapi dan pemasangan terlihat teratur sesuai dengan yang kita inginkan selain itu faktor estetika tentunya dapat tercapai.

Pengadaan Unit

Untuk melayani pelanggan ahliAC dibawah payung hukum PT. Solusi Prima Teknik Indonesia merupakan salah satu dealer dari brand ternama sebut saja seperti Daikin, Panasonic, Gree dan beberapa brand AC terkenal lainnya. Maka tak heran kami pun dapat melayani perintaan untuk pengadaan unit baik untuk rumah atau pun project di perkantoran atau gedung bertingkat.

Service AC dan Troubleshooting

Sebagai Kontraktor AC terbaik dan berpengalaman, tak lengkap rasanya bila tidak ada divisi untuk service AC dan troubleshooting. Kami memiliki teknisi yang sangat berpengalaman serta memiliki keahlian diatas rata-rata. Selain menerima jasa service cuci AC, perbaikan masalah yang terjadi pada AC, kami pun merupakan salah satu service center yang dintunjuk seperti service center Daikin, service center panasonic, service center gree dan masih banyak lagi brand ternama lainnya yang menunjuk kami sebagai service center mereka.

Kontrak Perawatan AC 

Penyebab Korosi Pada AC – Kontrak perawatan merupakan salah satu opsi penawaran dari kami dalam hal perawatan unit AC Anda. Dalam hal ini bertujuan untuk memberikan perawatan padfa unit AC Anda seatiap dua bulan atau tiga bulan sekali untuk meminimalisasi kerusakan yang terjadi pada unit AC Anda.

Anda tidak perlu repot untuk menjadwalkan kapan AC Anda akan dicuci, bila Anda mengikuti program ini, kami yang membuat dan menjadwalkan serta mengingatkan Anda kapan kiranya unit AC Anda akan di service.

Kesimpulan dan Saran

Penyebab Korosi Pada ACJadi sebetulnya penyebab Korosi pada AC itu terjadi jika spare parts tersebut bersentuhan dengan air dengan kadar garam yang tinggi. Itu disebabkan karena air berkadar garam dapat mempercepat proses pembusukan atau pengaratan besi / logam. Solusi dalam permasalahan ini adalah cari atau ganti AC lama anda dengan AC yang sudah memiliki fitur goldfin atau bluefin. Karena dengan adanya goldfin atau bluefin yang sudah melapisi spare parts AC berbahan besi / logam, maka akan terlindungi dari karat lebih lama.

Selain itu anda juga dapat memiliki AC dengan unit outdoor yang tahan karat. Ini supaya AC anda lebih awet dan tahan lama. Jika anda sudah berkarat maka akan sangat merugikan bagi anda sendiri. Contohnya saja karat pada evaporator atau kondensor yang dapat menyebabkan freon bocor. Jika freon sudah berkurang atau habis, maka AC anda tidak akan dingin. Tentunya Anda harus memanggil teknisi ahliAC untuk perbaikannya. Jika sudah diluar masa garansi atau tidak bisa klaim garansi, otomatis Andapun harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan AC nya.

Demikian yang dapat ahliAC sampaikan mengenai penyebab karat pada spare parts AC. Semoga dapat membantu Anda setelah membaca artikel ini jadi lebih tau penyebab dan cara mengatasi karat pada spare parts AC anda di rumah ataupun di kantor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LinkedIn
LinkedIn
Share
Tiktok
Chat by WA
1
Klik di sini Untuk memulai chat WA
Hallo dengan ahliAC apakah ada yang bisa kami bantu?
Hallo...apakah ada yang bisa kami bantu