Sejarah Penemuan AC

0816-872-044 | Baru !! Sejarah Penemuan AC

Sejarah Penemuan AC atau Tekonologi Pendingin Ruangan di Masa Romawi Kuno

Sejarah Penemuan AC – Teknologi Pendingin Udara sudah digunakan sejak Romawi Kuno, ketika air disalurkan melalui terowongan dan diedarkan di dinding rumah-rumah untuk mendinginkan ruangan. Atau di Persia pada Abad Pertengahan yang memadukan tangki air dan menara angin.

Seiring dengan majunya perkembangan ilmu pengetahuan pada abad ke 18, Michael Faraday penemu listrik mulai mempelajari cara mendinginkan suhu udara dengan media gas amonia.

Baca juga :

Sejarah Penemuan AC
John Gorrie

Pada tahun 1842, ilmuwan dari Amerika Serikat bernama John Gorrie melakukan penelitian mengenai AC. John Gorrie adalah seorang dokter dan juga ilmuwan cerdas. Bermula dari banyaknya pasien yang menderita malaria dan gejala demam tinggi. Suhu ruangan panas malah membuat penyakit pasiennya semakin parah. Selain itu ada sebuah teori menjelaskan jika kondisi sirkulasi udara yang buruk bisa menyebabkan penyakit, kemudian ia mendinginkan ruangan dengan cara manaruh bongkahan es di dalam wadah. Lalu digantung di langit-langit ruangan lalu disebar dengan kipas angin sehingga hawa dari es yang ada dalam bongkahan wadah bisa menyebar dan bisa mendinginkan ruangan –  Sejarah Penemuan AC.

Namun cara ini kurang efektif karena bongkahan es cepat mencair dan juga es dibawa dengan menggunakan perahu dari tempat yang jauh di danau bagian utara.

 

Sejarah Penemuan AC

Penemu Tekonologi Pendingin Ruangan Modern

Pada 2 Januari 1906, paten untuk alat penyejuk udara atau air conditioning (AC) diberikan pada Willis Haviland Carrier. Insinyur asal Amerika Serikat itu menemukan mesin tersebut secara tak sengaja. Yang dikenal sebagai penemu AC Modern pada saat dimulai 1902 – Sejarah Penemuan AC

AC saat ini digunakan untuk mendinginkan ruangan yang sangat bermanfaat untuk ruangan yang terletak di kota-kota besar, karena memang cuaca perkotaan yang panas dan sirkulasi udara yang buruk, AC adalah alat yang sangat membantu untuk mendinginkan suhu panas ruangan. Sistem yang saat itu dirancang Carrier masih berupa prototipe AC atau lebih tepatnya, pengontrol kelembaban.

Caranya, seperti dikutip dari situs Wired, udara dipaksa melewati filter kompresor yang digerakkan oleh piston, dipompa di atas koil yang didinginkan menggunakan pendingin.

Udara dingin tersebut kemudian dikeluarkan ke ruang tertutup menggunakan kipas angin membikin ruangan sejuk dan menstabilkan kelembaban. Pendingin udara tersebut mengatasi permasalahan yang dihadapi percetakan di Brooklyn. Persoalan kelembaban hilang. Kabar keberhasilan itu kemudian beredar dari mulut ke mulut – Sejarah Penemuan AC.

Sejarah Penemuan AC
Sejarah Penemuan AC

 

Meningkatnya kebutuhan membuat Beberapa perusahaan membuat Teknologi Pendingin Ruangan dengan berbagai jenis

Sejarah Penemuan AC – Permintaan untuk AC secara global juga terus meningkat. Menurut studi Proceedings of the National Academy of Sciences pada 2015 menyebut, lebih dari 3 miliar orang yang tinggal di daerah tropis dan non-tropis menikmati hembusan hawa dingin AC.

Bisa dibilang, sebagai negara dengan iklim tropis yang cukup tinggi, Indonesia sendiri tentu mengalami musim kemarau (panas) yang cukup lama, yakni selama kurang lebih 6 bulan.

Nah, pada musim- musim inilah banyak orang yang membutuhkan AC. Karena AC dapat membuat kita jadi merasa lebih nyaman ketika melakukan berbagai aktivitas. Cara kerjanya kurang lebih seperti pendingin ruangan zaman dahulu.

Kalau Anda berniat membeli, ataupun ingin mengganti AC yang sudah ada di rumah saat ini, alangkah baiknya Anda memerikas terlebih dahulu daftar merk-merk AC terbaik, dan berkualitas ini.

Kali ini kami akan berbagi sedikit tips dan cara memilih AC berdasarkan teknis, kapasitas, dan merk-nya supaya Anda bisa menjadikannya referensi kalau ingin membeli perangkat pendingin ruangan yang terbaik, berikut ulasannya:

 

  • Air Conditioner Standard

Sejarah Penemuan AC
AC Standard

AC standard, pada umumnya memiliki daya listrik kurang lebih 800 watt. Sedangkan sistem, atau cara kerja listrik pada AC standard adalah, ketika AC sedang atau baru di hidupkan, maka daya AC yang diperlukan adalah 800 watt lebih.

Tetapi, ketika suhu pada ruangan sudah mencapai titik yang kita inginkan, maka secara otomatis, bagian AC yang outdoor akan mati, atau lebih tepatnya tidak bekerja lagi, namun bagian yang indoor-nya tetap hidup.

Bagian yang outdoor akan hidup lagi secara otomatis apabila suhu pada ruangan sudah mulai panas dari suhu yang kita kehendaki , dan biasanya, suhu tersebut bisa diatur menggunakan remote – Sejarah Penemuan AC.

Kelebihan AC yang standard adalah:

    • Harganya yang lebih murah
    • Lebih cepat mendinginkan ruangan
    • Biaya perawatannya lebih murah, dan perbaikannya secara teknis lebih mudah.

Kekurangan AC yang standart adalah:

    • Listrik yang digunakan lebih boros, terlebih kalau terlalu sering hidup dan mati.
    • Seperti pada umumnya, karena listrik yang digunakan ketika pertama kali hidup, akan lebih banyak memakai listrik daripada ketika sudah berjalan.
    • Nah, cara supaya AC bisa lebih hemat listriknya, mengkondisikan bagian yang outdoor tidak terlalu sering hidup-mati, caranya adalah membuat suhu pada ruangan bertahan lebih lama pada suhu yang dingin, sehingga bagian AC yang outdoor bisa lebih lama dalam keadaaan mati.
  • Air Conditioner Low Watt

Sejarah Penemuan AC
Air Conditioner Low Watt

Air Conditioner dengan daya yang low watt adalah sebuah inovasi untuk memenuhi kebutuhan para konsumen yang terbatas karena daya listrik, tujuan sebenarnya adalah bukan untuk menghemat daya listrik, tapi supaya rumah yang daya listriknya kecil, tetap bisa menggunakan air conditioner – Sejarah Penemuan AC.

Tetapi umumnya, AC dengan daya low watt memang kesannya ialah hemat listrik, ya walaupun dampak pendinginnya tidak secepat pada AC Standard.

Keuntungan yang bisa didapatkan dari AC tipe low watt adalah:

Listriknya yang lebih hemat apabila dibandingkan dengan AC standar.

Walaupun begitu, ada beberapa syarat pula yang harus dipenuhi, tergantung bagaimana cara pemakaiannya juga, untuk kekurangannya adalah:

Tidak cepat dingin kalau dibandingkan dengan AC standard, (lambat mencapai dingin tertentu), sehingga kerja dari mesin kompresor juga lebih lama dari yang standard Selain itu, untuk harganya juga lebih mahal dari unit AC yang standar Sekedar catatan, kalau daya listriknya tersedia, saran kami pilihlah tipe AC standard, jangan yang low watt, karena untuk tingkat dinginnya kurang.

  • Air Conditioner Inverter

Sejarah Penemuan AC
Air Conditioner Inverter

AC Inverter, adalah sebuah inovasi dari AC yang lebih pintar, karena AC ini dilengkapi dengan berbagai komponen tambahan untuk mengatur kerja dari kompresor sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Prinsipnya adalah, ketika arus listrik AC dari PLN diubah menjadi DC, yang kemudian diubah lagi menjadi AC, maka secara otomasti frekuensinya diatur oleh sensor suhu yang sudah tersedia di dalamnya.

Sehingga ketika ruangan sudah dingin, maka sensor pintar di dalamnya akan mengatur arus listrik yang digunakan, sehingga putaran dari kompresor menjadi lebih lambat, yang secara langsung akan menghemat daya listrik yang digunakan – Sejarah Penemuan AC.

Kekurangan AC dengan tipe inverter adalah:

    • Harganya yang lebih mahal apabila dibandingkan dengan yang tipe low watt
    • Biaya perawatan yang relatif lebih mahal
    • Membutuhkan daya listrik tinggi ketika AC baru dihidupkan.
    • Masih tidak terlalu cepat dingin apabila dibandingkan dengan AC standard
    • Gampang rusak disebabkan komponen yang terus menerus bekerja tanpa proses idle
    • Harga spare parts-nya cukup mahal, untuk freon-nya juga lebih mahal
    • Tidak semua teknisi perbaikan AC benar-benar paham akan konsep atau cara kerja AC inverter.

Kelebihan tipe inverter adalah:

    • Ingin yang dihasilkan lebih nyaman, karena suhu yang dikeluarkan sudah diatur menjadi lebih stabil.
    • Umumnya, AC inverter rata-rata memiliki minimal 1 PK.
    • Sedankan AC inverter bisa berubah-ubah PK-nya, alias bisa menyesuaikan kebutuhan akan pendinginan.
    • Gambarannya 1 PK bisa berubah : 1 PK <–> 3/4 PK <–> 1/2 PK.
    • Jadi kalaupun semisal menggunakan AC ukuran besar untuk ruangan yang kecil, maka konsumsi akan dayanya, jadi bisa tetap ekonomis.
    • Anda bisa memilih AC inverter kalau menginginkan AC yang hemat listrik, ruangannya tertutup, serta tidak terlalu ingin cepat dingin suhunya.
  • Air Conditioner Elevator / Lift

Air Conditioner Elevator
Air Conditioner Elevator

AC Lift merupakan AC yang didesain khusus untuk mengontrol suhu atau temperatur di dalam lift yang ada di pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, hotel, gedung residensial, dan juga gedung-gedung lainnya.

Lift atau elevator diberi AC supaya suhu atau temperatur di dalam AC tetap terjaga sejuknya sehingga tidak membuat orang-orang yang berada di dalam lift atau elevator kepanasan karena lift atau elevator memiliki ruang yang sempit dan juga tertutup sehingga perlu diberikan pendingin udara supaya ruangan tetap sejuk dan membuat orang yang menggunakan lift menjadi nyaman.

AC Lift merupakan AC yang didesain khusus untuk mengontrol suhu atau temperatur di dalam lift yang ada di pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, hotel, gedung residensial, dan juga gedung-gedung lainnya.

Lift atau elevator diberi AC supaya suhu atau temperatur di dalam AC tetap terjaga sejuknya sehingga tidak membuat orang-orang yang berada di dalam lift atau elevator kepanasan karena lift atau elevator memiliki ruang yang sempit dan juga tertutup sehingga perlu diberikan pendingin udara supaya ruangan tetap sejuk dan membuat orang yang menggunakan lift menjadi nyaman – Sejarah Penemuan AC.

 

SOLUSI PRIMA TEKNIK INDONESIA – ahliAC

Dengan beragamnya kebutuhan dan pola waktu kinerja manusia yang semakin padat, beberapa perusahaan membuat Sistem kontrak perawatan Heating Ventilating and Air Conditioning (HVAC), salah satu yang paling terpercaya adalah ahliAC.

sebuah sistem yang mengatur kondisi udara untuk temperatur dan aliran udara sesuai dengan kebutuhan anda.

Pekerjaan yang kami layani antara lain:

  • Desain dan Instalasi

Mulai dari rancangan jalur dan letak posisi agar pekerjaan terlihat rapih.

  • Pengadaan Unit

Dengan pilihan berbagai merk multinasional untuk kebutuhan anda.

  • Service AC (Troubleshooting)

Tim kami akan melayani pertanyaan anda dan menyediakan suku cadang.

  • Kontrak Perawatan

Sejarah Penemuan AC – Jadwalkan dan lupakan. Biar kami yang membersihkan sistem udara anda. Sebagai kontraktor AC berpengalaman, kami punya jaringan kerja di banyak kota besar di Indonesia, dan  didukung oleh tenaga ahli berpengalaman di industri tata udara. Kami ditunjuk sebagai distributor AC resmi beberapa merk terkenal untuk penjualan dan suku cadang.

Semua hal tersebut kami siapkan untuk memberikan pelayanan yang prima untuk seluruh kebutuhan pelanggan.Selain memberikan manfaat yang relevan dengan Keamanan dan Kenyamanan, ada jaminan 100% uang kembali. Kami percaya kalau ahliAC harus menguntungkan dan tak buat rugi. 

Kami juga telah menyiapkan Customer Service yang akan menjawab pertanyaan konsumen secara langsung via chat atau via telepon bila ada pertanyaan yang perlu jawaban lebih lengkap dan jelas lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LinkedIn
LinkedIn
Share
Tiktok
Chat by WA
1
Klik di sini Untuk memulai chat WA
Hallo dengan ahliAC apakah ada yang bisa kami bantu?
Hallo...apakah ada yang bisa kami bantu