Pentingnya Pengecekan AC Secara Rutin

Baru ! Pentingnya Pengecekan AC Secara Rutin | 0816-872-044

Setiap unit AC baru yang baru kita pasang secara keseluruhan bila tatacara pemasangan dan prosedurnya dijakankan debgan baik pastinya akan mendapatkan hasil yang baik yaitu udara sejuk yang kita inginkan. Namun seiring berjalannya waktu tentunya unit AC yang sering kita gunakan pastinya akan mengalami beberapa gejala yang tidak baik jika tida dilakukan pengecekan AC secara rutin dan tentunya harus di sertai perawatan rutin.

Baca juga : 0878-8449-9042 | Baru !! Kontraktor AC Terbaik Jakarta Barat

Pentingnya Pengecekan AC Secara Rutin

Pentingnya Pengecekan AC Secara Rutin
Teknisi AC Berpengalaman – ahliAC

Pengecekan AC secara rutin mutlak sangat di perlukan, hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dari unti AC yang kita gunakan. Sebagian besar pengguna AC memanggil kontraktor AC berpengalaman atau jasa service AC terdekat seperti ahliAC bila menemukan beberapa kendala pada unit AC yang gunakan.

Salah satu masalah yang sering terjadi dikalangan pengguna AC adalah kurang atau AC tidak dingin. Bila terjadi hal seperti ini tentunya membuat sipemilik menjadi geram.

Beberapa hal penyebab AC tidak dingin

  • AC Kotor

Pentingnya Pengecekan AC Secara RutinSecara umum penyebab AC tidak dingin adalah AC tersebut kotor dan jarang dibersihkan. Apabila Anda tinggal di daerah yang cukup berdebu seperti di pinggir jalan raya biasanya AC Anda akan mudah kotor, maka AC Anda  harus lebih secara rutin Anda bersihkan.
Periksa kertas filter atau penyaring kotoran yang berada di dalam AC. Apabila sudah penuh debu dan kotoran maka bersihkan penyaring tersebut. Apabila penyaring sudah berubah warna maka Anda bisa menggantinya dengan filter yang baru.

  • Kurangnya Freon

Pentingnya Pengecekan AC Secara RutinKurang freon pada AC anda bisa juga di tandai dengan hembusan angin yang kurang dingin bahkan bisa jadi tidak dingin untuk memastikannya apa yang terjadi pada AC tersebut Anda bisa menghubungi jasa service ac terdekat yaitu ahliAC di  +62 21 565 8340 / +62 878 844 99 042.

  • Terjadi Kebocoran Freon

Kebocoran freon sering kali terjadi baik itu bocor kecil atau besar. Tentu saja hal ini akan menyebabkan  unit menjadi tidak dingin. Secara kasat mata hal ini sangat sulit untuk dilakukan pengecekan, tindakan bijak Anda perlu menggunakan jasa Kontraktor AC Berpengalaman seperti ahliAC untuk engetahui dimana letak kebocoran tersebut. Tahapan pengecekan pada bagian ini memerlukan waktu cukup lama dan keahlian di bidangnya.

  • Situasi Luar Rumah yang Terlalu Panas

Apabila Anda tinggal di daerah dengan udara sekitar yang panas maka kemampuan mendinginkan udara dari AC akan berkurang. Ini merupakan salah satu masalah yang sangat umum terjadi, terutama bagi perumahan yang berada di dekat pantai. Pastikan supaya unit luar pendingin udara Anda berada di tempat yang teduh dan tidak terkena matahari secara langsung untuk memaksimalkan kinerja pendinginannya.

  • Situasi Luar Rumah yang Terlalu Dingin

Apabila udara luar rumah yang terlalu panas bisa membuat AC menjadi tidak dingin, udara luar yang terlalu dingin juga bisa membuat kerja AC menjadi tidak maksimal. Pendingin udara bekerja dengan cara menyerap udara yang panas ke dalam dan melalui proses kondensasi untuk merubahnya menjadi dingin. Apabila udara di luar sudah cukup dingin maka kerja dari AC akan menjadi sia-sia dan tidak mampu mendinginkan kembali udara yang sudah dingin tersebut. Matikanlah pendingin udara Anda untuk menghemat listrik.

  • Pembekuan pada Evaporator 

Pentingnya Pengecekan AC Secara RutinApabila Anda menemukan kasus pembekuan pada evaporator yang secara kasat mata yang di tandai dengan banyaknya bunga es pada bagian evaporator maka sudah dipastikan AC anda kurang freon dan besar kemungkinan terjadi kebocoran pada unit AC Anda

  • Sistem Kelistrikan yang Bermasalah

Sistem kelistrikan pada pendingin udara sangat penting untuk diperhatikan. Apabila instalasi AC dilakukan secara tidak tepat maka otomatis bisa memberikan masalah terhadap kemampuannya mendinginkan udara. Tidak hanya itu saja, sistem kelistrikan yang bermasalah juga bisa mengakibatkan korsleting dan sangat berbahaya untuk digunakan.

  • Pipa pembuangan air Tersumbat

Di dalam AC terdapat sebuah pipa  yang berfungsi untuk mengeluarkan air sisa pendinginan udara. Apabila pipa tersebut tersumbat maka otomatis kemampuannya dalam mendinginkan udara menjadi bermasalah dan tidak bisa bekerja dengan baik dimana hal yang akan terjadi adalah AC anda mengalami bocor air. Untuk itu Bersihkanlah pipa dari lumut yang tumbuh supaya kinerja pendinginan bisa kembali seperti semula.

  • Masalah Pada Sensor Pendingin (Thermist)

Pada pendingin udara yang modern biasanya sudah terdapat sensor otomatis yang bisa mengatur perubahan suhu pendinginan udara sesuai dengan kondisi di dalam dan luar rumah. Apabila sensor otomatis tersebut mengalami masalah maka AC tidak bisa mengira-ngira suhu yang ada di luar atau dalam rumah dan tidak dapat menentukan suhu pendinginan yang tepat. Gantilah sensor pendingin otomatis apabila sudah tidak bekerja dengan baik.

  • Pengaturan AC yang Salah

Di dalam sebuah AC terdapat banyak sekali sistem pengaturan yang bisa Anda pilih. Apabila Anda salah mengatur opsi pada unit AC tersebut maka otomatis udara yang dikeluarkannya menjadi tidak dingin. Periksa dan bacalah baik-baik buku manual dari AC yang Anda beli untuk mengetahui setiap fungsi dari pengaturan dan fitur yang terdapat di unit AC tersebut.

Pentingnya Pengecekan AC Secara Rutin
Kontraktor AC Berpengalaman ahliAC

Dari uraian di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa Pentingnya Pengecekan AC Secara Rutin setiap unit AC yang kita gunakan untuk mengetahui kondisi dari unit tersebut, terlebih untuk mendeteksi dari dini permasalahan yang sekiranya akan terjadi.

Baca juga : 0878-8449-9042 | Baru !! Sejarah Penemuan AC

Kita dapat meminimalisasi beberapa kemungkinan yang akan terjadi yang berdampak kepada kerusakan ac yang lebih parah. Pastikan Anda menggunakan jasa teknisi AC berpengalaman dari ahliAC untuk mengetahui kondisi unit AC Anda terlebih untuk perawatan rutin agar performa AC Anda tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LinkedIn
LinkedIn
Share
Tiktok
Chat by WA
1
Klik di sini Untuk memulai chat WA
Hallo dengan ahliAC apakah ada yang bisa kami bantu?
Hallo...apakah ada yang bisa kami bantu