AC Tidak Dingin Tapi Nyala Normal

Penting !! AC Tidak Dingin Tapi Nyala Normal | 0816-872-044

AC Tidak Dingin Tapi Nyala Normal
Service AC Murah

Sebagai Kontraktor AC Berpengalaman, ahliAC memiliki banyak catatan yang sangat penting seputar permasalahan yang terjadi pada AC. Masalah tersebut terlihat sepele akan tetapi dapat memberikan efek buruk bagi kinerja AC. AC Tidak Dingin Tapi Nyala Normal sepintas merupakan hal simple tapi bila kita telaah kembali banyak pemicu hal ini terjadi yang pada akhirnya akan menyebabkan AC tersebut mengalami kerusakan yang lebih buruk lagi.

Baca juga : 0878-8449-9042 | Baru !! Kontraktor AC Terbaik Jakarta Barat

Indikasi Masalah AC Tidak Dingin Tapi Nyala Normal yang perlu di ketahui

AC Tidak Dingin Tapi Nyala Normal tentunya memiliki beberapa indikasi yang bisa di telusuri oleh kita atau biasanya pada saat mengecekan AC yang dilakukan teknisi ahliAC indikasi tersebut merupakan suatu patokan awal dalam mengidentifikasi masalah pada unit tersebut.

  • Setingan Remote Tidak Sesuai

AC Tidak Dingin Tapi Nyala Normal
Kenapa Suhu AC Terbatas

Pada bagian ini sering sekali terjadi pada pengguna AC yang menyebabkan unit AC tidak bekerja secara maksimal untuk mengatasinya, coba Anda periksa (mode) yang terdapat pada remote conrol, apakah setingan sesuai atau tidak.

Untuk mengatur agar keluar hembusan udara sejuk atau dingin, settingan harus berada pada mode [Cool] atau [Auto]. Pengaturan AC pada mode [FAN] tidak akan menghembuskan udara dingin tetapi hanya blower saja yang bekerja.

  • Kompressor Tidak Bekerja

AC Tidak Dingin Tapi Nyala Normal
servis AC

Untuk mengetahui kompressor bekerja atau tidak setidaknya kita harus mengetahui dan mengerti cara kerja suatu AC. Pada kasus ini yang sering terjadi adalah kipas outdoornya saja yang berputar, tetapi kompressor tidak bekerja. Untuk mengetahui kompressor tersebut bekerja atau tidak bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan mengecek arus listrik yang melewati kompressor dan tekanan refrigerant dalam pipa.

Untuk mengecek arus yang melewati kompressor gunakan tang ampere, kemudian jepit salah satu kabel yang masuk ke kompressor (Bisa positif atau negatif). Selanjutnya sesuaikan hasil pengukuran dengan arus listrik standar pada unit AC. Setelah mengetahui kompressor tidak bekerja, lakukan langkah-langkah berikut.

    • Periksa Tegangan Listrik Utama (PLN)

Memeriksa tegangan Listrik Utama (PLN) sangatlah penting dan apabila ditemukan tegangan listrik (voltage) sangat rendah, segera lapor kepetugas PLN untuk dilakukan perbaikan.

    • Periksa Kapasitor Kompressor

Ada baiknya kita memeriksa kapasitor kompressor yang ada di unit outdoor untuk melihat apakah kapasitor tersebut masih bagus atau sudah rusak. jika rusak, ganti dengan kapasitor baru yang seukuran.

    • Periksa Bagian External Overload Motor Protector

Penting untuk mengetahui External Overload Motor Protector masih berfungsi atau tidak. Jika memang bermasalah segera ganti dengan yang baru dan sejenis.

    • Periksa Kabel dan Soket Kelistrikan bagian outdoor

Sangatlah penting memriksa kabel dan kelistrikan pada bagian outdoor apakah ada bagian kabel atau soket yang rusak dan jia ada segera lakukan perbaikan.

    • Periksa Putaran kipas outdoor

Memeriksa putaran kipas tentunya kita akan mengetahui putarannya lemah atau pelan jika memang terjadi seperti itu kapasitor sudah lemah dan segera lakukan penggantian kapasitor.

    • Periksa putaran kipas dengan tangan

Periksa putaran kipas dengan tangan lancar atau tidak jika tidak berarti bearing kipas outdoor macet atau seret. Segera ganti bearing kipas karna apabila tidak cepat di atasi kompressor akan cepat panas karna tidak mendapatkan pendinginan yang maksimal dan overload akan memutuskan arus ke kompressor.

    • Periksa Kondisi Kompressor

Tahapan terakhir apabila kondisi di atas normal, periksa kondisi kompressor dan jika rusak segera ganti kompressor dan hubungi ahliAC untuk penggantiannya.

  • Kompressor Bekerja Namun Kipas Outdoor Tidak Berputar

AC Tidak Dingin Tapi Nyala Normal
Jasa Service Ac Terdekat

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain :

    • Bearing Motor Kipas

Periksa bearing motor kipas, berputar atau tidak. Untuk mengeceknya matikan AC terlebih dahulu atau cabut stop kontak listrik utama. kemudian buka pelindung outdoor. Putar daun kipas dengan menggunakan tangan dan perhatikan putarannya. Jika bearing macet atau sering menimbulkan suara gemericit sebaiknya segera lakukan penggantian bearing kipas.

    • Kapasitor Kipas Kompressor

Periksa kondisi kapasitor kipas outdoor apakah masik baik atau sudah rusak dan bila sudah rusak atau soak ganti kapasitor tersebut dengan yang baru sesuai dengan kapasitor yang lama.

    • Motor Kipas

Apabila kedua langkah diatas telah diakukan besar kemungkinan terjadi masalah pada motor kipas, seperti lilitan putus atau terbakar. Solusinya adalah dengan mengganti motor baru atau perbaiki dengan cara menggulung ulang lilitan motor.

AC Tidak Dingin Tapi Nyala Normal
Jasa Service AC Terbaik

Sebagai Catatan, Kipas outdor berfungsi untuk mendinginkan kondensor dan mempercepat pelepasan panas pada refrigerant. Jika tidak bekerja maksimal atau putaran pelan dapat menyebabkan kompressor cepat panas. Panas berlebih (Over heat) akan menyebabkan overload motor protector kompressor memutus arus listrik ke kompressor yang mengakibatkan kompressor tidak bekerja dan akan menyebabkan kerusakan.

Baca juga : 0878-8449-9042 | Baru !! Sejarah Penemuan AC

  • Kipas dan Kompressor Tidak Bekerja

Untuk mengeceknya tunggu beberapa saat biasanya kipas outdoor dan kompressor membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk beroperasi ketika indor sudah dinyalakan hal ini dimaksurkan untuk melindungi kompressor dan sistem AC agar tidak mudah panas.
      • Periksa Thermis dan Relay

Periksa Thermist dan Relay yang terdapat pada bagian PCB elektronik. Jika rusak segera ganti komponen thermis dan relay karna ketika alat tersebut bermasalah arus listrik tidak akan mengalir ke bagian outdoor sehingga kompressor dan kipas outdoor tidak akan bekerja.

      • Cek Kembali Settingan Remote

Periksa kembali setingan remote control, apakan mode yang dipilih sudah sesuai atau belum. Kipas outdoor dan kompressor akan menyala ketika settingan remote berada dalam kondisi mode [Cool] atau [Auto].

Pada kondisi AC Tidak Dingin Tapi Nyala Normal memang membikin pusing si pemilik AC. Apabila Ada bisa melakukan langkah-langkah di atas ada baiknya dicoba untuk mengatasinya. Namun Apabila Anda tidak mau ambil resiko ahliAC siap membantu Anda dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LinkedIn
LinkedIn
Share
Tiktok
Chat by WA
1
Klik di sini Untuk memulai chat WA
Hallo dengan ahliAC apakah ada yang bisa kami bantu?
Hallo...apakah ada yang bisa kami bantu