Installasi Ducting AC

Menarik !! Installasi Ducting AC | 0816-872-044

Installasi Ducting AC – Ducting merupakan pendistribusi udara dari suatu unit penghasil udara ke tiap-tiap titik ruangan. Ducting untuk AC biasanya dipakai untuk instalasi AC sentral atau AC Split Duct. AC Sentral biasanya diperuntukkan untuk instalasi AC di satu gedung yang tidak memiliki pengatur suhu sendiri-sendiri (misalnya per ruang). Semua dikontrol di satu titik dan kemudian hawa dinginnya didistribusikan ke ruangan-ruangan. Material yang biasa digunakan untuk pembuatan ducting adalah BJLS (seng) dan panel PIR (polyisocyanurate). Secara umum ducting berbentuk square/ kotak, spiral dan round. Contoh AC Central adalah AC yang terpasang di mall, rumah sakit, gedung perkantoran dan hotel

Baca juga :

Apa itu Sistem Ducting AC?

Installasi Ducting AC -Installasi Ducting AC – Ducting untuk AC biasanya dipakai untuk instalasi AC sentral atau AC Split Duct. AC Sentral biasanya diperuntukkan untuk instalasi AC di satu gedung yang tidak memiliki pengatur suhu sendiri-sendiri (misalnya per ruang). Semua dikontrol di satu titik dan kemudian hawa dinginnya didistribusikan dengan pipa ke ruangan-ruangan. Dengan AC Central yang bisa dilakukan cuma mengecilkan dan membesarkan lubang tempat hawa dingin AC masuk ke ruang kita. Contoh AC Central adalah di mall atau di dalam bis ber-AC.

Macam, Instalasi dan Cara Menghitung Ukuran Ducting AC

Installasi Ducting AC Installasi Ducting AC – Ducting AC merupakan salah satu jenis pendingin ruangan yang sedang populer. Jenis AC ini sering diaplikasikan pada restoran, perkantoran hingga rumah. Pendingin udara yang satu ini banyak diminati karena sangat efektif dan menunjang keindahan interior ruangan.

Untuk sebagian orang, nama ducting mungkin masih asing. Padahal AC ini mampu bekerja dengan lebih efektif dan optimal. Bukan hanya untuk mendinginkan ruangan saja, ducting memiliki fungsi lain yang lebih efektif untuk menjalankan sirkulasi udara.

Kelebihan Ducting AC

AC jenis ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis AC lainnya, berikut penjelasannya.

1. Lebih rapi

Installasi Ducting AC – Ducting menggunakan sistem instalasi terbungkus sehingga kabel yang digunakan disimpan pada saluran sehingga lebih rapi. Tidak terlihat kabel atau pipa yang terlihat ketika Anda menggunakan ducting.

2. Hawa dingin dapat didistribusikan secara lebih merata

AC jenis ini mampu mendistribusikan hawa dingin secara lebih merata dan memiliki satu pusat AC saja. Melalui pusat, udara akan dibagi secara merata ke seluruh ruangan yang terhubung. Sistem seperti ini biasanya digunakan untuk gedung atau mall.

3. Indoor tidak ada diruangan

Installasi Ducting AC – Proses instalasi ducting hanya dilakukan pada titik sentralnya saja, sedangkan untuk kebutuhan yang lain akan disalurkan melalui pipa. Sistem ini membuat indoor tidak akan terlihat pada ruangan.

Hal tersebut terjadi karena kabel yang digunakan akan dibungkus dalam pipa sehingga terlihat lebih rapi. Proses instalasi ducting terbilang cukup sederhana dan tidak membutuhkan banyak komponen kabel.

4. Tidak bising

Selama AC ducting bekerja dan digunakan, tidak akan ada suara yang keluar dari alat tersebut. Suara sistemnya benar-benar senyap dan sama sekali tidak bising, bahkan dalam keadaan bermasalah sekalipun. Sehingga lebih menunjang kenyamanan Anda.

5. Ekonomis

Penggunaan ducting lebih ekonomis dibandingkan dengan AC biasa karena memiliki satu pusat saja dan di tiap ruangan hanya menerima udara pembagiannya. Dengan begitu tidak perlu ada indoor pada tiap ruangan. Hal ini tentu lebih menghemat biaya.

Fungsi Ducting AC

Installasi Ducting AC – Penggunaan ducting memiliki berbagai fungsi untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna. Apa saja fungsi tersebut, simak penjelasan di bawah ini.

1. Exhaust air

Ducting dapat berfungsi sebagai saluran yang digunakan untuk membuat udara panas yang ada di dalam ke bagian luar. Dengan begitu udara di dalam ruangan akan terus digantikan dengan yang baru agar lebih sejuk dan segar.

2. Fresh air

Ducting bisa berfungsi untuk memasukkan udara segar yang ada di luar ke dalam ruangan. Saluran ini akan menjadi sumber udara untuk sebuah ruangan.

3. Supply air

Ducting berfungsi sebagai media untuk bisa menyalurkan udara dingin keruangan yang membutuhkannya. Udara sejuk akan dibagikan secara merata ke seluruh ruangan sehingga suhu di dalamnya bisa lebih nyaman.

Macam-Macam Ducting AC

Installasi Ducting AC

Installasi Ducting AC – Terdapat beberapa jenis yang biasanya digunakan pada beberapa mall ataupun restaurant. Setiap macam macam ducting memiliki model lapisan yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Ducting BJLS (seng) isolasi luar dan dalam

Macam ducting yang satu ini merupakan yang paling aman karena mampu meredam bagian dalam dengan isolasi. Sehingga udara yang keluar tidak akan bocor dan menggunakan bahan tambahan untuk isolasi yaitu spindel pin.

Spindel pin memiliki bentuk seperti jarum yang memiliki fungsi untuk menahan glasswool di bagian dalam.

2. Ducting BJLS (seng) isolasi luar

Model instalasi jenis ducting yang satu ini adalah menggunakan isolasi yang tebal. Pemasangannya dibungkus dengan glasswool dengan tingkat ketebalan hingga 25 mm. Glasswool yang biasanya digunakan memiliki ukuran 24 KG/M3.

3. Ducting BJLS tanpa isolasi

Sesuai dengan namanya, tipe ducting ini tidak akan menggunakan lapisan untuk membuat saluran. Hal tersebut terjadi karena kestabilan suhu pada jenis ducting ini tidak perlu dipertahankan secara maksimal.

Sehingga konsep kerjanya hanyalah sebagai tempat penyaluran saja yang terhubung dengan beberapa lokasi.

Contohnya :

  • Jenis fresh air

Ducting yang satu ini bisa berperan sebagai penyalur udara segar yang berasal dari luar ruangan untuk dimasukkan ke bagian indoor AC.

  • Ducting exhaust

Ducting ini biasanya digunakan untuk sirkulasi udara pada ruangan, misalnya tempat parkir, toilet dan lain sebagainya.

  • Ducting intake

Berfungsi untuk menyalurkan udara dari luar gedung ke ruangan yang membutuhkan kesegaran udara, contohnya seperti lahan parkir yang tertutup.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Instalasi Ducting

Installasi Ducting AC

Installasi Ducting AC – Faktor utama yang mendasari kebanyakan gedung menggunakan sistem AC jenis ini ini adalah tingkat kenyamanan serta keselamatan yang semakin terjamin. Dalam AC jenis ini, sudah terdapat komponen lengkap yang berguna memenuhi kebutuhan ventilasi, humidity dan filtrasi.

Tiap komponen yang terdapat pada ducting memiliki peranan dan fungsi yang berbeda. Bahkan dalam penerapannya, komponen tambahan bisa digunakan untuk kebutuhan Anda. Hal ini membuat AC jenis ini cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Selain mengetahui komponen dan cara menghitung ukuran serta analisa biaya untuk pembuatan ducting, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika proses instalasi dilakukan. Apa saja hal tersebut, simak uraiannya di bawah ini.

  • Perkiraan biaya

Installasi Ducting AC – Sebelum melakukan pemasangan ducting tentu Anda harus melakukan perkiraan biaya agar sesuai dengan budget yang dimiliki. Anda bisa melakukan perkiraan biaya dengan menganalisa hasil hitungan ukuran ducting sesuai dengan kebutuhan.

Pemasangan AC jenis ini lebih rumit dibandingkan dengan AC biasa. Untuk itu Anda harus memperkirakan berbagai biaya tambahan yang mungkin akan dibutuhkan. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan bisa semakin ekonomis.

  • Perencanaan instalasi

Installasi Ducting AC – Pengoperasian serta proses instalasi AC jenis ini harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat. Untuk itu Anda harus membuat gambaran perencanaan instalasi terlebih dahulu agar memudahkan prosesnya.

Sistem AC jenis ini hanya menggunakan satu sumber saja untuk masalah pengaturan suhu udaranya. Untuk itu Anda harus mempertimbangkan lokasinya dengan baik agar teratur.

  • Perawatan

Installasi Ducting AC – AC jenis ini harus dirawat secara berkala. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan kinerjanya bisa tetap bagus meskipun digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, proses ini juga bisa mengantisipasi kerusakan pada sumber AC.

Jika perawatan dilakukan secara teratur, ketika ducting mengalami kerusakan atau kendala bisa segera ditangani dengan baik.

  • Pengaturan suhu

Installasi Ducting AC – Saat proses instalasi, Anda perlu mengetahui kebutuhan suhu pada setiap ruangan dengan pasti agar bisa menentukannya dengan tepat. Pengaturan akan dilakukan melalui central agar semua ruangan bisa mendapatkan kebutuhan udara yang sesuai.

Proses perhitungan serta instalasi ducting memang tidaklah mudah. Anda bisa menghubungi Service AC Cilacap untuk mendapatkan layanannya. Semua kebutuhan pemasangan alat pendingin ruangan bisa dilakukan dengan cepat dan berkualitas.

ahliAC sebagai Kontraktor AC Berpengalaman

Installasi Ducting ACInstallasi Ducting AC – ahliAC adalah HVAC (Heating Ventilation Air Conditioning) specialist yang memiliki jaringan berbagai kota besar di Indonesia yang di dukung oleh Tenaga ahli dari industri tata udara.  Pengalaman dalam dunia Air Conditioning (AC) membuat kami tetap exist dan di percaya oleh customer bahkan brand terkenal seperti Daikin, Panasonic, Gree dan beberapa brang AC terkenal lainnya.Sebagai Kontraktor AC terbaik dan berpengalaman kami dipercaya menjadi Dealer resmi brand AC  terkenal  bahkan tidak hanya sampai di situ kami pun merupakan service center dari Brand AC tersebut. Konsistensi dan pelayanan yang prima  serta team yang di tunjang dengan keahlian diatas rata-rata merupakan satu kesatuan dalam pelayanan jasa service AC ataupun project yang di percayakan kepada kami.

Scope kerja ahliAC sebagai Kontraktor AC Terbaik

Installasi Ducting AC – Kami memiliki pengelompokan kerja sebagai bagian dari sistem management agar seluruh pekerjaan dapat berjalan dengan baik, disamping itu kami menerapkan Standard Operation Procedure yang jelas dalam setiap pengerjaan yang berhubungan dengan AC.

Desain dan Instalasi

Installasi Ducting AC – Pada pengerjaan suatu project pemasangan AC baru baik untuk unit AC Split rumahan sampai AC sentral di perkantoran atau gedung bertingkat, disain installasi, tataletak unit indoor maupun outdoor sangat diperlukan. Salah satu keuntungannya adalah kita dapat memprediksi bahkan menghitung perkiraan panjang installasi yang di perlukan bahkan sampai perkiraan biaya.

Perancangan ini sangat di perlukan agar unit yang dipasang dapat tertata rapi dan pemasangan terlihat teratur sesuai dengan yang kita inginkan selain itu faktor estetika tentunya dapat tercapai.

Pengadaan Unit

Untuk melayani pelanggan ahliAC dibawah payung hukum PT. Solusi Prima Teknik Indonesia merupakan salah satu dealer dari brand ternama sebut saja seperti Daikin, Panasonic, Gree dan beberapa brand AC terkenal lainnya. Maka tak heran kami pun dapat melayani perintaan untuk pengadaan unit baik untuk rumah atau pun project di perkantoran atau gedung bertingkat.

Service AC dan Troubleshooting

Sebagai Kontraktor AC terbaik dan berpengalaman, tak lengkap rasanya bila tidak ada divisi untuk service AC dan troubleshooting. Kami memiliki teknisi yang sangat berpengalaman serta memiliki keahlian diatas rata-rata. Selain menerima jasa service cuci AC, perbaikan masalah yang terjadi pada AC, kami pun merupakan salah satu service center yang dintunjuk seperti service center Daikin, service center panasonic, service center gree dan masih banyak lagi brand ternama lainnya yang menunjuk kami sebagai service center mereka.

Kontrak Perawatan AC 

Installasi Ducting AC – Kontrak perawatan merupakan salah satu opsi penawaran dari kami dalam hal perawatan unit AC Anda. Dalam hal ini bertujuan untuk memberikan perawatan padfa unit AC Anda seatiap dua bulan atau tiga bulan sekali untuk meminimalisasi kerusakan yang terjadi pada unit AC Anda.

Anda tidak perlu repot untuk menjadwalkan kapan AC Anda akan dicuci, bila Anda mengikuti program ini, kami yang membuat dan menjadwalkan serta mengingatkan Anda kapan kiranya unit AC Anda akan di service.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LinkedIn
LinkedIn
Share
Tiktok
Chat by WA
1
Klik di sini Untuk memulai chat WA
Hallo dengan ahliAC apakah ada yang bisa kami bantu?
Hallo...apakah ada yang bisa kami bantu