Cara Flushing AC Split Yang Tersumbat

0816-872-044 | Baru ! Cara Flushing AC Split Yang Tersumbat

Kenapa Suhu AC Terbatas
Kontraktor AC Berpengalaman

Salah satu masalah AC yang mengganggu fungsi AC dan dapat merusak komponen adalah sumbatan. Gangguan sumbatan AC karena adanya tumpukan kotoran pada saluran AC dapat menghambat kinerja AC. Cara menanggulangi ini yakni dengan menerapkan teknik flushing agar sumbatan dapat dihilangkan. Berikut ini akan dijabarkan tanda adanya sumbatan serta Cara Flushing AC Split Yang Tersumbat.

Baca juga :0878-8449-9042 | Baru !! Kontraktor AC Terbaik Jakarta Barat

Cara Flushing AC Split Yang Tersumbat

Pengaruh AC Tidak Layak Bagi Kesehatan
Service AC Murah

Cara Flushing AC Split Yang Tersumbat merupakan salah satu langkah sebagai jalan keluar yang dilakukan ketika pipa pada unit AC mengalami kebuntuan atau mampet, baik kebuntuan yang terjadi pada jalur pipa yang menghubungkan antara indoor unit dengan outdoor unit atau kebuntuan pada jalur pipa pada bagian outdoor unit yaitu pada jalur kondensor .Jadi bisa kita simpulkan bahwa kebuntuan ini bisa terjadi pada dua bagian lokasi, yaitu:

  1. Buntu/mampet pada pipa penghubung antara indoor unit dengan outdoor.
  2. Buntu/mampet pada pipa instalasi outdoor unit atau pada pipa kondensor.

Kebuntuan atau mampetnya yang terjadi pada pipa dikarenakan oleh beberapa penyebab, antara lain:

  • Oli pelumas kompresor yang ikut masuk kedalam saluran pipa bersama dengan freon dan mengendap didalam pipa.
  • Kotoran sisa pengelasan juga sering ditemui apabila pada saat instalasi awal pemasangan pernah melakukan penyambungan dengan pengelasan.

 

Teknik Melakukan Flushing untuk Menghilangkan Sumbatan

Membuka Saluran

Cara Flushing AC Split Yang Tersumbat – Langkah awal melakukan flushing adalah membuka pipa AC. Ada dua bagian pipa yang harus dibuka yakni pipa besar dan pipa kecil. Kedua pipa tersebut terhubung dengan katup dua jalan serta katup tiga jalan pada bagian outdoor AC. Gunakan kunci pas atau kunci inggris untuk melakukan hal ini.

Pemasangan Selang

Cara Flushing AC Split Yang Tersumbat – Langkah selanjutnya dengan memasang selang manifold pada bagian gas freon R22 dan R11. Serta ke bagian pipa yang akan dilakukan proses flushing. Cara melakukannya dengan memasang selang kuning ke pipa kecil. Lalu selang manifold biru di padang pada tabung freon R11. Selang merah dipasang di freon R22. Pastikan juga bahwa semua keran pada manifold tertutup dengan rapat.

Mulai Proses Flushing

  • Tahap 1

Sesudah pemasangan selang dilakukan proses lanjutannya adalah memasukkan freon R11. Freon jenis ini akan berguna untuk menghilangkan oli serta kotoran yang ada dalam pipa. Untuk memperlancar dorongan freon R11 biasanya akan didahului dengan N2. Setelah siap, masukkan freon R11 ke dalam pipa kecil dengan membuka keran tabung R11.

  • Tahap 2

Secara perlahan bukalah keran biru yang terdapat pada manifold. Lakukan hal ini hingga gas dari R11 dapat masuk ke dalam saluran pipa. Jika R11 sudah memasuki pipa, tutup rapat keran warna biru yang ada pada manifold. Lalu tutup keran tabung yang berisi gas R11.

  • Tahap 3

Pada tahap ini dibutuhkan penambahan dorongan dengan menggunakan freon R22. Caranya dengan membuka keran yang berwarna merah yang terdapat di manifold. Kemudian buka juga tabung R22. Jangan lupa untuk menutup pipa besar dengan tangan, tekan dengan kuat sampai mencapai tekanan tinggi. Lalu lepas dan tutuplah kembali.

  • Tahap 4

Ulangi beberapa kali hal tersebut lalu lepaskan supaya oli dan kotoran yang larut karena gas R11 dapat keluar melalui pipa besar. Lakukan beberapa kali sampai tidak ada sisa larutan dan gas R11 yang tertinggal pada pipa. Setelah itu tutup keran warna merah yang ada pada manifold serta keran tabung R11.

  • Tahap 5

Langkah terakhir, lakukan pelepasan pada semua sambungan yang tadi sudah terpasang. Rapikan kembali AC seperti sedia kala. Setelah itu lakukan pengecekan fungsi AC untuk melihat apakah kondisi AC sudah kembali normal.

Baca juga : 0878-8449-9042 | Baru !! Sejarah Penemuan AC

Akibat yang titimbulkan bila terjadi sumbatan

  • Sistem tidak dapat bekerja maksimal

Cara Flushing AC Split Yang Tersumbat
Service AC Terdekat

Sistem AC berfungsi untuk mendingikan ruangan. Jika sistem AC terdapat kotoran pada bagian evaporator, maka proses perubahan wujud refrigerant akan terhambat. Dengan demikian proses pendinginan ruangan juga akan berlangsung lebih lama.

  • Tekanan kerja sistem tidak standar

Kotoran pada saluran sistem pendingin dapat menyebabkan kebuntuan sistem. Walaupun sistem tidak buntu secara total atau buntu sebagian, ini akan menyebabkan tekanan pada sistem pendingin tidak sesuai standar lagi. Buntunya sistem pada satu bagian tertentu akan mengakibatkan tekanan pada sistem pendingin terganggu.

  • Kompresor bekerja lebih berat

Kompresor berfungsi untuk mensirkulasikan refrigerant pada sistem pendingin. Jika aliran refrigerant lancar, maka kerja kompresor akan menjadi ringan. Tetapi jika aliran refrigerant tidak lancar karena adanya kotoran pada sistem, maka kompresor akan bekerja lebih berat lagi agar refrigerant tetap mengalir. Dengan demikian kompresor akan menghasilkan panas yang lebih yang berakibat umur kompresor lebih pendek. Hal yang sama juga akan terjadi pada sistem AC mobil.

  • Konsumsi daya lebih besar

Konsumsi daya yang paling besar dari sembuah unit AC adalah bagian kompresor. Kompresor ini mempunyai pekerjaan paling berat diantara komponen lainnya. Semakin berat kerja kompresor maka semakin besar konsumsi dayanya. Konsumsi daya listrik yang besar dapat terjadi karena sistem tidak bekerja dengan maksimal dan kompresor bekerja lebih berat.

Cara Flushing AC Split Yang Tersumbat – Sumbatan pada AC harus segera mendapat penanganan. Adanya sumbatan dapat diketahui dari tekanan AC serta suara pada AC. Atasi sumbatan dengan cara melakukan flushing menggunakan freon R11 dan R22 yang dimasukkan pada pipa. Freon tersebut akan melarutkan kotoran dan oli yang menempel di pipa. Tentunya untuk melakukan Cara Flushing AC Split Yang Tersumbat harus dilakukan oleh teknisi berpengalaman atau Anda menguasai troubleshooting pada bagian ini.

Sebagai Kontraktor AC Berpengalaman, ahliAC memiliki teknisi yang memiliki pengalaman serta kualitas diatas rata-rata. DImana teknisi kami tersebar di beberapa kota besar di indonesia. Jadi jangan ragu untuk menggunakan jasa ahliAC agar AC Anda memiliki usia yang lebih panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LinkedIn
LinkedIn
Share
Tiktok
Chat by WA
1
Klik di sini Untuk memulai chat WA
Hallo dengan ahliAC apakah ada yang bisa kami bantu?
Hallo...apakah ada yang bisa kami bantu