Inilah Tips Perawatan AC Anda Agar Awet dan Tahan Lama

Home / News / Tips / Inilah Tips Perawatan AC Anda Agar Awet dan Tahan Lama

Masih banyak masyarakat yang tidak mengerti cara perawatan AC rumah atau ruangan mereka dengan baik sehingga pada akhirnya mereka harus sering membeli AC baru dalam beberapa tahun karena AC mereka rusak. Bagi Anda yang ingin berhemat dan tidak ingin gonta-ganti AC dalam beberapa tahun maka kami memiliki informasi penting untuk Anda.

Sering bersihkan filter AC


Source : news.ralali.com

Jika Anda ingin supaya AC menjadi awet maka Anda harus melakukan perawatan AC dengan tepat. Salah satu hal yang seringkali banyak diabaikan oleh orang-orang adalah membersihkan filter AC, padahal hal ini merupakan salah satu hal yang bisa membuat AC menjadi tahan lama.

Memang ada beberapa AC dengan teknologi terkini yang mampu membersihkan filter secara otomatis, namun tetap saja Anda harus membersihkan filternya secara berkala. Bersihkan filter AC di rumah atau kantor Anda minimal 1 hingga 2 bulan sekali, jika filter terlihat sangat kotor maka Anda bisa menggantinya dengan baru.

Karena jika Anda tidak menggantinya secara berkala, maka debu dan kotoran bisa menumpuk pada filter dan nantinya bisa menyebabkan fungsi AC menjadi tidak optimal yang mana berakibat merusak AC. Selain itu filter yang kotor juga bisa mempengaruhi kesehatan pernapasan manusia.

Menggunakan timer


Source : epicuae.com

Salah satu yang menjadi penyebab kenapa AC Anda cepat rusak adalah karena AC tidak digunakan dengan optimal. Seperti misalnya AC yang sering ditemukan menyala padahal tidak ada orang di dalam ruangan, hal seperti itu selain membuat tagihan listrik membengkak juga bisa membuat AC menjadi cepat rusak.

Oleh karena itu supaya AC tahan lama maka Anda harus menggunakan fitur timer sehingga nantinya AC bisa mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang diinginkan. Anda bisa menyetel timer di AC sesuai dengan kebutuhan Anda. Supaya AC tidak gampang rusak, sebaiknya nyalakan AC maksimal 5 jam dalam sekali pemakaian.

Selain itu supaya AC bisa bekerja secara maksimal jangan terlalu sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius ya, karena itu bisa membuat mesin AC bekerja menjadi lebih panas.

Sering membersihkan kumparan AC


Source : qcrimadad

Cara perawatan AC ketiga agar pendingin udara Anda awet dan tahan lama adalah dengan membersihkan kumparan AC. Selain filter AC, ternyata kumpatan AC juga harus rutin untuk dibersihkan karena debu dan kotoran sering menempel juga di kumparan AC ini.

Jika kumparan AC penuh dengan kotoran dan debu maka bisa membuat kemampuan AC dalam menyerap panas jadi berkurang. Jika tidak rutin dibersihkan bisa membuat beban AC menjadi bertambah dan menyebabkan AC mengalami korslet.

Melakukan service secara berkala


Source : Satu Digital

Cara perawatan AC keempat yang harus Anda lakukan jika AC di rumah ingin tahan lama adalah dengan sering melakukan service. Mungkin selama ini Anda sering mengabaikan service AC karena berpikir jika AC di rumah masih baik-baik saja. Mulai sekarang tanggalkan kebiasaan itu jika ingin hemat!

Justru dengan sering melakukan service AC secara berkala maka bisa membantu Anda untuk lebih menghemat, karena jika ada kerusakan kecil maka bisa segera dierbaiki sehingga bisa mencegah kerusakan AC yang lebih kompleks. Sudahkah Anda rutin melakukan service?

Sering memeriksa kipas


Source : Mistersiap

Periksalah kipas yang terpasang di bagian atas unit kondensator bagian luar, pastikan jika kipas itu masih terpasang dengan baik dan tidak mengalami kerusakan. Apabaila pada baling-baling kipas ada bagian yang retak atau pecah maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru sehingga kipas AC bisa bekerja dengan optimal!

Melakukan pemeriksaan thermostat


Source : papasemar.com

Sebenarnya banyak sekali trik perawatan AC yang bisa Anda lakukan supaya AC di ruangan Anda bisa bertahan hingga bertahun-tahun, hanya saja sayangnya banyak orang yang malas untuk memperhatikan kondisi AC mereka, dan pada akhirnya pasrah ketika AC mereka rusak dan harus mengganti yang baru.

Supaya Anda tahu kondisi AC di ruangan Anda maka seringlah memeriksa thermostat atau pengatur suhu untuk memastikan apakah AC bekerja dengan baik atau tidak. Dan untuk mengetahui apakah AC Anda bisa menjaga temperatur ruangan dengan baik atau tidak. Jika sedang tidak ada orang di ruangan tersebut, maka matikanlah AC sehingga pengatur suhu bisa bekerja dengan baik dan optimal!

Memeriksa freon dalam AC


Source : gofix.co.id

satu komponen terpenting dalam AC yaitu adalah freon AC. Sebaiknya Anda secara berkala melakukan pengecekan pada freon AC, apakah freon masih bekerja dengan baik? Atau mungkin mengalami kebocoran sehingga membuat AC menjadi terasa kurang dingin.

Untuk pengecekan freon AC sebaiknya dilakukan tiap 6 bulan sekali yang dilakukan oleh teknisi AC. Sudahkah Anda rutin dalam 6 bulan melakukan pengecekan freon?

Membersihkan evaporator AC


Source : egsean.com

Langkah perawatan AC kedelapan yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membuat AC menjadi tahan lama adalah dengan rutin melakukan pembersihan evaporator. Cara melakukannya cukup dengan membersihkannya menggunakan penyedot debu portabel saja, namun Anda juga bisa meminta tolong teknisi AC untuk membersihkan evaporator AC-nya. Sehingga debu-debu tidak masuk ke dalam bagian yang lebih dalam.

Menggunakan seperlunya


Source : MyGriya.com

Supaya AC tidak kelebihan beban maka Anda harus menggunakan AC dengan bijaksana. Karena salah satu penyebab AC menjadi cepat rusak adalah karena penggunaan AC yang nonstop dan berlebihan. Oleh karena itu mulai sekarang gunakanlah AC seperlunya saja, jika dirasa hawa cukup dingin karena sedang hujan maka matikanlah AC.

Dan apabila jika tidak ada orang di ruangan, maka matikanlah AC. Penting juga untuk memperhatikan jam kerja AC, jangan dinyalakan seharian ya! Anda perlu memberikan waktu istirahat kepada AC jika sudah lebih dari 5 jam menyala sehingga mesinnya bisa memiliki waktu untuk dingin.

Hindari merokok di ruangan ber AC


Source : flickr

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang dan bisa merusak AC dengan cepat adalah merokok di dalam ruangan ber-AC. Tahukah Anda? Jika asap rokok ternyata bisa meningkatkan kerusakan AC. Kandungan nikotin di dalam AC bisa merusak evaporator yang ada di dalam AC sehingga udara yang dikeluarkan AC menjadi tidak dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *