7 Tips Memilih AC yang Tepat Untuk Kantor Anda di 2019

Memilih AC yang tepat untuk kantor, ac split, ac cassette, ac central, ac vrf
Memilih AC yang Tepat Untuk Kantor Anda. Photo by kate.sade on Unsplash

Di negara yang memiliki iklim tropis seperti negara Indonesia ini, AC merupakan salah satu kebutuhan yang cukup penting. AC atau pendingin ruangan harus ada di ruangan tempat kita beraktifitas guna membuat ruangan selalu dingin walau cuaca sedang terik-teriknya.

Karena merupakan salah satu komponen penting di dalam ruangan, maka tentu saja kita harus tahu tentang trik memilih ac yang tepat untuk ruangan.

Bagi Anda yang sekarang ini ingin memasang baru atau mengganti ac di ruangan kantor Anda, kali ini kami akan membagikan informasi penting mengenai tips memilih AC yang tepat untuk kantor Anda. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Sesuaikan AC dengan ukuran ruangan kantor Anda

Hal pertama yang harus Anda pikirkan ketika ingin memasang AC untuk ruangan di kantor Anda adalah ukuran ruangan yang akan dipasang AC. Hal ini merupakan hal yang paling penting dan menjadi dasar ketika kita memilih AC.

Jika kita salah memilih maka AC tidak bisa bekerja secara optimal di ruangan tersebut. Oleh karena itu sebelum membeli AC, ketahuilah secara pasti berapa luas ruang kantor Anda.

Untuk ruang kantor yang besar maka kami sarankan supaya Anda memilih AC dengan kapasitas yang besar sehingga hawa dingin bisa menjangkau seluruh ruangan dengan baik, sedangkan untuk ruang kantor dengan ukuran yang kecil maka kapasitas kecil pun sudah cukup.

Hal ini juga berguna ketika Anda ingin memasang AC split duct di ruang kantor Anda, pilihlah kapasitas yang sesuai dengan luas ruangan kantor Anda.

2. Sesuaikan AC dengan jumlah orang di dalam ruangan kantor Anda

Selain menyesuaikan dengan luas ruangan kantor Anda, Anda juga perlu untuk menyesuaikan AC sesuai dengan jumlah orang yang akan ada di dalam ruangan kantor tersebut.

Jumlah orang yang berada di dalam ruang, ternyata juga mempengaruhi hawa dingin yang keluar dari AC tersebut. Jadi usahakan sebelum membeli AC, Anda mengetahui berapa rata-rata jumlah orang yang berada di ruangan kantor itu tiap harinya. Apakah hanya satu? Apakah sepuluh? Apakah banyak?

Jika ruangan kantor Anda memiliki jumlah orang yang banyak setiap harinya, maka artinya semakin banyak pula hawa dingin yang dikonsumsi orang di dalamnya. Artinya tentu membutuhkan AC dengan kapasitas besar sehingga hawa dingin tetap merata di seluruh ruangan.

Untuk ruangan yang besar, seperti ruang seminar atau meeting room maka kami sarankan untuk menggunakan AC Cassette saja. AC Cassette adalah AC yang sangat cocok diletakkan di ruangan yang besar karena AC jenis ini bisa mendinginkan ruangan secara cepat sehingga sangat cocok jika digunakan untuk ruang kantor yang berisi banyak orang.

Untuk memudahkan Anda memilih AC maka kami sebagai kontraktor hvac akan memberikan beberapa tambahan untuk memilih PK AC sesuai dengan ukuran ruangan. Berikut adalah cara memilihnya :

  • 10 meter persegi = ½ PK = 400-570 W
  • 14 meter persegi = ¾ PK = 600-800 W
  • 18 meter persegi = 1 PK = 750-950 W
  • 24 meter persegi = 1,5 PK = 1100 – 1300 W
  • 36 meter persegi = 2 PK = 1800 – 1950 W

Sekarang Anda bisa memilih AC yang sesuai dengan ukuran ruangan kantor Anda. Dengan menyesuaikan AC sesuai dengan parameter diatas maka AC bisa bekerja secara optimal di ruangan Anda dan bisa menghantarkan hawa dingin dengan sangat baik.

3. Perhatikan fitur tambahan AC

Memilih AC yang tepat untuk kantor Anda merupakan hal yang cukup mudah dilakukan jika Anda tahu triknya. Cara ketiga yang harus Anda lakukan adalah dengan memperhatikan fitur tambahan yang ada di AC.

Sekarang ini banyak brand-brand AC yang menawarkan keunggulan. Baik itu AC Split biasa, AC Split Duct, dan AC Ducting pasti memiliki keunggulan atau fitur tambahan masing-masing.

Ada beberapa AC yang menghadirkan teknologi ramah lingkungan, menghadirkan teknologi Plasmacluster, dan juga yang otomatis menyesuaikan sesuai dengan jumlah orang yang ada di dalam ruangan. Anda bisa memilih AC dengan fitur tambahan yang sesuai dengan keinginan Anda supaya Anda betah berada di kantor seharian.

Selain itu, kami juga menyarankan supaya Anda memilih AC yang memiliki fitur pembersih udara otomatis sehingga Anda tidak perlu membersihkannya secara manual.

Biasanya AC yang memiliki fitur pembersih otomatis ini juga dilengkapi dengan fitur penghilang bau tak sedap sehingga bisa membuat ruangan kantor Anda menjadi tetap sehat tanpa bau tak sedap.

Kami sarankan sebelum membeli AC, tanyakan terlebih dulu apa saja fitur yang ada pada AC yang hendak Anda beli sehingga Anda bisa memilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Memilih jenis AC yang sesuai dengan kebutuhan

AC atau pendingin ruangan memiliki beberapa jenis, tidak hanya satu atau dua namun AC memiliki beragam jenis dan tipe yang harus Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk membeli AC.

Kali ini kami sebagai kontraktor hvac akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis AC yang mungkin jarang diketahui. Berikut adalah beberapa jenis AC:

AC Split Duct

Jika biasanya pemasangan AC terlihat menonjol di ruangan, maka tidak dengan pemasangan AC Split Duct. AC jenis ini merupakan pendingin ruangan yang pemasangannya tidak kelihatan atau tersembunyi. Bagian instalasi evaporator dari tipe AC ini tidak akan kelihatan sehingga ruangan akan tetap dingin walau tidak terlihat ada AC disana.

Kelebihan dari AC Split Duct ini tidak memiliki suara berisik jika ada trouble, kemudian ruangan menjadi terlihat lebih rapi karena wujud AC yang tersembunyi, dan juga tidak akan mengotori ruangan Anda ketika dilakukan perawatan berkala pada AC.

AC Ducting

Jenis AC kedua adalah AC Ducting atau yang sering disebut sebagai AC Central. Saat ini, AC Ducting menjadi salah satu jenis AC yang banyak digunakan dan menjadi trend. Biasanya AC Ducting ini digunakan pada perkantoran dan juga rumah-rumah modern karena jenis AC Ducting ini memiliki desain yang sangat efektif untuk menunjang keindahan ruang.

Kelebihan dari AC Ducting ini yaitu instalasi Indoor yang tidak kelihatan karena kabel-kabelnya tersusun di dalam pipa yang disembunyikan sehingga tidak akan menganggu estetika, kemudian suaranya tidak bising seperti AC biasa, dan bisa menghantarkan hawa dingin dengan maksimal.

AC Cassette

AC Cassette AhliAC.com Kontraktor AC Jakarta Surabaya spesialis AC VRF. AC contractor in Indonesia, HVAC specialist.
Sering digunakan di kantor dan ruangan yang luas.

AC ketiga adalah AC Cassette yang sudah sedikit kami singgung di poin atas. AC Casette adalah pendingin udara yang diletakkan di langit-langit ruangan dan bisa menghasilkan suhu udara yang lebih dingin.

Sehingga AC ini sangat cocok digunakan untuk ruangan yang besar atau ruangan yang biasanya diisi banyak orang. Biasanya AC Casette ini diletakkan di langit-langit tengah ruangan dan dinginnya bisa menyebar keseluruh ruangan dengan cepat.

AC Casette adalah salah satu jenis AC yang mungkin belum familiar, namun akan cocok dipasang di ruang meeting atau ruang pertemuan kantor Anda.

AC VRF atau AC VRV

AC VRF adalah AC dengan teknologi Variable Refrigerant Flow. Teknologi tercanggih yang ada di AC sekarang ini menjamin hemat listrik dengan kemudahan maintenance.
Outdoor AC VRF

Jenis AC yang selanjutnya adalah AC VRF, AC VRF merupakan salah satu jenis AC yang juga banyak digunakan saat ini karena cukup efisien. Kelebihan menggunakan AC VRF adalah maintenance-nya yang lebih mudah dan juga terjangkau, selain itu AC VRF juga lebih hemat tempat dibandingkan dengan AC split atau AC konvensional biasa.

Jenis AC yang selanjutnya adalah AC VRF, AC VRF merupakan salah satu jenis AC yang juga banyak digunakan saat ini karena cukup efisien. Kelebihan menggunakan AC VRF adalah maintenance-nya yang lebih mudah dan juga terjangkau, selain itu AC VRF juga lebih hemat tempat dibandingkan dengan AC split atau AC konvensional biasa.

http://localhost/wordpress-5.3.2/wordpress/7-alasan-memilih-ac-vrf/

AC VRV adalah nama yang dipatenkan oleh salah satu produsen AC dunia sehingga produsen AC lainnya tidak menggunakan nama ini. Umumnya di pasaran lebih dikenal sebagai AC VRF.

Setiap jenis AC yang sudah kami sebutkan di atas tadi memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. AhliAC sebagai kontraktor HVAC menyarankan supaya Anda memilih jenis AC yang sesuai dengan kebutuhan kantor Anda. Karena tentu saja setiap ruang di kantor memiliki kebutuhan tersendiri.

5. Memilih tipe AC sesuai dengan kebutuhan kantor

Selain memilih jenis AC yang sudah kami sebutkan di atas tadi seperti misalnya saja AC split atau AC VRF, Anda juga harus memilih tipe AC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan yang ada di kantor Anda. Kali ini kami akan membahas tipe-tipe AC bagi Anda yang memilih untuk membeli AC Split.

Secara umum, AC Split ini terbagi menjadi 3 tipe yaitu Inverter, Low, dan Standard. Untuk tipe inverter harus menggunakan watt atau daya yang amat besar karena sistem mereka bekerja lebih keras di awal tarikan sehingga bisa mendinginkan ruangan menjadi lebih cepat, untuk low watt menggunakan watt atau daya listrik yang rendah sehingga lebih hemat energi, dan untuk tipe pendingin ruangan standard sebenarnya lebih sama cara kerjanya seperti low watt AC. Supaya Anda tidak kesulitan mencari tipe AC, maka kami akan memberikan trik dan tips mudahnya untuk Anda sekalian :

AC Low Watt

AC Low Watt ini tidak membutuhkan daya listrik yang besar sehingga hemat energi, jika kantor Anda memiliki daya listrik rendah atau pas-pasan maka gunakanlah Low Watt AC. Dan jika pintu ruangan di kantor sering dibuka tutup maka Anda juga bisa menggunakan Low Watt AC. Selain itu jika AC digunakan dalam waktu yang singkat dan sering dimati-nyalakan maka AC Low Watt juga cocok untuk ruangan di kantor Anda.

AC Standard

Seperti yang sudah kami katakan di atas tadi jika AC dengan tipe Standard ini cara kerjanya hampir sama seperti AC Low Watt namun membutuhkan daya listrik yang sedikit lebih besar. AC Standard ini cocok untuk ruangan yang sering dibuka dan ditutup, selain itu AC Standard juga cocok untuk ruangan yang AC-nya sering dimati-nyalakan dan yang hanya digunakan dalam waktu yang singkat misalnya 2 hingga 3 jam-an saja.

AC Inverter

Untuk AC tipe inverter ini cocok digunakan jika ruangan dipakai dalam waktu yang lama. Jika Anda membutuhkan AC yang dinyalakan lebih dari 6 jam setiap harinya dan jarang dinyala matikan maka Anda bisa menggunakan AC Inverter. Keunggulan dari AC Inverter ini adalah bisa mendinginkan ruangan dengan cepat.

Untuk tipe-tipe AC sendiri kami sudah menjelaskan mulai dari Low Watt, Standard, hingga AC Inverter. Anda tinggal memilih mana AC yang sekiranya tepat untuk kantor Anda dan tentu saja yang memilih tipe AC yang sesuai dengan kemampuan daya listrik di kantor Anda.

6. Beli AC dengan merk terpercaya

Ada baiknya supaya Anda juga mempertimbangkan merk AC sebelum Anda membelinya. Supaya Anda tidak rugi ketika membeli AC untuk ruangan di kantor Anda, kami menyarankan supaya Anda membeli AC dengan merk terpercaya.

Sebelum membeli AC kami sarankan supaya Anda mencari referensi merk terlebih dahulu sehingga ketika sampai di toko elektronik atau toko online Anda bisa membandingkan merk AC yang satu dengan yang lainnya.

Kami sarankan supaya Anda membeli AC yang sudah memiliki “nama” di pasaran karena merk yang terpercaya tentu saja memiliki kualitas yang bagus dan awet sehingga Anda nantinya tidak perlu sering gonta-ganti atau service AC karena rusak.

Jangan tergiur dengan harga AC yang murah dan jauh di bawah pasaran jika merk-nya tidak jelas dan penampilannya tidak meyakinkan.

Pilihlah AC dengan merk yang terdapat garansi yang jelas. Sehingga ketika ada masalah terhadap AC maka kita bisa mengajukan perbaikan atau ganti baru karena memiliki masa garansi yang jelas.

Dengan begitu biaya perbaikan juga sesuai dengan standar yang ada. Jika AC yang Anda beli murah namun tidak disertai dengan kartu garansi maka jangan membeli AC itu, karena biaya perbaikan bisa dua kali lipat dari biaya standar.

Perhatikan juga masa garansi yang diberikan ya, biasanya untuk AC dengan merk terpercaya akan memberikan garansi yang cukup lama yaitu bertahun-tahun. Ada yang 1 tahun hingga yang 3 tahun tiap merk-nya.

7. Pilihlah AC yang mudah dibersihkan

Cuci filter AC Split Anda sendiri untuk perawatan rutin mingguan. Untuk perawatan yang lebih menyeluruh dengan pembersihan pada unit outdoor, AhliAC menyediakan jasa Cuci AC ke rumah atau kantor.
Cari AC yang mudah dibersihkan sendiri untuk perawatan rutin mingguan.

Memilih AC untuk ruangan di kantor Anda sebenarnya sangat mudah dilakukan, AC merupakan salah satu benda elektronik yang lumayan mahal. Oleh karena itu jangan sampai Anda salah pilih AC dan pada akhirnya menyesal karena AC yang Anda pilih ternyata tidak bekerja secara optimal atau malah mudah rusak.

http://localhost/wordpress-5.3.2/wordpress/tips-perawatan-ac-agar-awet/

Selain 6 hal di atas, kami sebagai kontraktor HVAC menyarankan supaya Anda memilih AC dengan desain yang mudah dibersihkan. Sehingga sewaktu-waktu Anda ingin membersihkan AC maka Anda bisa membersihkannya secara manual sendiri.

Anda hanya tinggal melepas filter dari AC kemudian mencucinya hingga bersih dan memasangnya kembali. Oleh karena itu ketika membeli AC, kami sarankan bertanya kepada pegawai toko mana AC yang mudah dibersihkan sendiri.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya mengenai memilih AC yang tepat untuk kantor Anda. Dengan memperhatikan 8 hal di atas maka memilih AC untuk ruangan di kantor Anda bukanlah hal yang sulit. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya!

Ditulis oleh: Tim AhliAC.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *