Berapakah Suhu AC Untuk Bayi yang Aman?

Home / News / Tips / Berapakah Suhu AC Untuk Bayi yang Aman?

Hawa udara yang sangat panas pada siang hari seringkali membuat kita menjadi tidak nyaman karena tubuh menjadi gerah dan berkeringat. Jika kita sebagai orang dewasa saja merasa tidak nyaman, tentu saja hal itu juga akan dirasakan oleh bayi.

Orang dewasa mungkin bisa bertindak ketika merasakan panas namun beda halnya dengan bayi, mereka hanya akan bisa menangis dan rewel. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk mengatur temperatur yang aman bagi bayi.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi penting mengenai suhu AC untuk bayi yang aman. Berikut adalah informasinya untuk Anda:

Memperhatikan gerak-gerik bayi untuk mengetahui apa yang mereka rasakan


Source : alodokter.com

Seperti yang kita bahas secara singkat di atas tadi, Ketika bayi, merasa kepanasan maka mungkin mereka hanya akan bisa menangis saja. Berbeda dengan orang dewasa yang bisa mengadaptasikan suhu tubuhnya sesuai dengan temperatur ruangan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gerak-gerik bayi sehingga Anda bisa mengetahui apa yang bayi itu rasakan.

– Apabila bayi merasakan kepanasan

Apabila bayi Anda mengeluarkan keringat berlebih maka logika paling dasarnya adalah sang bayi sedang merasa kepanasan. Selain itu, bayi akan tentu saja akan sering menangis dan rewel.

Bayi yang merasa kepanasan juga akan muncul ruam di sekujur tubuhnya dan ia juga akan merasakan gatal sehingga tubuhnya cenderung bergerak dan tidak bisa diam.

– Apabila bayi kedinginan

Kita harus bisa mengatur suhu temperature atau AC untuk bayi di rumah kita dengan tepat. Biasanya ketika bayi kedinginan, mereka akan sering mengalami demam, tubuhnya juga menggigil, dan juga biasanya bayi akan menjadi lebih mudah batuk dan sakit tenggorokan.

Tips menyalakan AC yang tepat untuk bayi

Source: curhatbidan.com

Suhu AC untuk bayi yang aman sangatlah penting, mengingat bayi tidak bisa beradaptasi dengan cepat kepada suhu yang baru bagi mereka. Oleh karena itu peran kita sebagai orang dewasa untuk memberikan suhu yang tepat bagi mereka.

Pada poin ini, kami akan memberikan beberapa tips bagi Anda yang memiliki bayi sehingga tahu berapakah suhu AC untuk bayi yang tepat. Berikut ini adalah informasinya untuk Anda:

  • Suhu atau temperatur AC yang tepat untuk bayi

Ketika merasa gerah tak jarang kita mengatur suhu atau temperatur AC dibawah 20 derajat celcius, bahkan kita mengaturnya hingga di suhu 18 derajat celcius. Mungkin bagi kita orang dewasa, suhu itu membuat kita nyaman karena sejuk namun tidak dengan bayi.

Jika Anda menyalakan suhu di bawah 20 derajat celcius maka mungkin bisa menyebabkan bayi menjadi kedinginan sampai menggigil. Temperatur atau suhu AC untuk bayi yang tepat dan sehat berada di rentang 23 hinga 26 derajat celcius.

  • Sering memantau suhu pada malam hari

Jika dirasa udara lebih dingin secara alami pada malam hari maka kami sarankan supaya Anda menaikkan temperatur AC di ruangan tersebut agar bisa mencapai suhu AC untuk bayi yang ideal.

  • Sering melakukan pembersihan pada filter AC

Diluar dari suhu AC untuk bayi, Anda juga harus rutin untuk membersihkan filter AC. Karena jika tidak dibersihkan secara rutin, akan banyak debu dan kotoran yang menempel pada filter AC.

Debu-debu halus itu jika menumpuk maka bisa ikut terbang bersama aliran udara yang dihasilkan oleh AC dan tidak baik bagi kesehatan saluran pernapasan bayi. Oleh karena itu jika ingin tetap aman menggunakan AC untuk si bayi secara rutin minimal sebulan sekali bersihkan filter pada AC.

  • Jangan menyalakan AC secara nonstop

Tips keempat yang harus Anda perhatikan adalah jangan menyalakan AC secara nonstop di ruangan atau kamar bayi Anda. Karena walau mungkin temperaturnya bisa diatur dan mungkin membuat bayi menjadi nyaman namun udaranya tetap saja tidak sehat bagi bayi.

Oleh karena itu pada pagi hari, matikanlah AC di ruangan atau kamar si bayi kemudian bukalah jendela atau ventilasi sehingga udara di dalam kamar bisa berganti dengan udara yang baru. Kemudian Anda bisa mengajak bayi untuk keluar ruangan sehingga bayi bisa mendapatkan udara baru yang lebih segar.

  • Hindari kamar tertutup tanpa ventilasi

Mungkin untuk menjaga supaya AC bisa bekerja secara optimal kita akan menyalakannya di ruangan yang tertutup. Namun tahukah Anda jika kamar atau ruangan yang tertutup, pengap, dan tanpa ventilasi itu tidaklah aman dan tidak sehat bagi bayi yang baru saja lahir?

Oleh karena itu hindarilah menidurkan bayi di kamar atau ruangan yang tertutup dan pengap.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai suhu AC untuk bayi yang aman. Walau mungkin pendingin udara bisa membuat bayi Anda menjadi lebih nyaman, namun Anda harus tetap memperhatikan temperatur atau suhu udara dengan tepat ya.

Selain itu, jangan lupa untuk mengajak bayi keluar ruangan sehingga bayi bisa merasakan udara segar karena tidak baik jika terus-terusan menghirup udara dari AC saja.

Selain itu, hindarilah untuk menyalakan AC secara nonstop di ruangan si bayi karena itu bisa membuat AC menjadi cepat rusak. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat bagi Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *