HVAC Specialist

Penting !! Penyebab Kompresor AC Overheat | 0816-872-044

Penting !! Penyebab Kompresor AC Overheat | 0816-872-044

Penyebab Kompresor AC Overheat
Dan Bagaimana Mengatasinya

 

Penyebab Kompresor AC Overheat, Cara mengatasi Kompresor AC Overheat, overheat pada kompresor AC, masalah pada kompressor, kompressor bermasalah, perbaikan kompressor, ganti kompressorPenyebab Kompresor AC Overheat – Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa AC merupakan bagian penting dari kenyamanan di rumah atau kantor. Bicara mengenai kenyamanan yang berkaitan dengan tata udara, salah satu komponen utama dalam sistem AC adalah kompresor, yang bertanggung jawab untuk memampatkan refrigeran dan mendorongnya melalui siklus pendinginan. Adakalanya, seringkali kita mengalami masalah ketika kompresor AC menjadi terlalu panas atau mengalami overheat. Pada kesempatan  ini, kami akan coba membahas penyebab umum dari masalah ini dan bagaimana cara mengatasinya dari pengalaman ahliAC dalam menanggani beberapa permasalahan pada Customer.

Baca juga : Cara Kerja Kompresor AC

Penyebab Overheat pada Kompresor AC

1. Kurangnya Pendinginan

1.1 Kondensor yang Kotor

Penyebab Kompresor AC Overheat, Cara mengatasi Kompresor AC Overheat, overheat pada kompresor AC, masalah pada kompressor, kompressor bermasalah, perbaikan kompressor, ganti kompressorSalah satu penyebab umum overheat pada kompresor AC diantaranya adalah kondensor yang kotor. Secara umum Kondensor adalah bagian dari sistem AC yang bertugas untuk mendinginkan refrigeran yang telah dipanaskan oleh kompresor. Ketika kondensor tersumbat oleh debu, kotoran, atau kotoran lainnya, aliran udara menjadi terhambat, menyebabkan kompresor bekerja lebih keras dan menghasilkan panas berlebih.

Untuk mengatasi masalah ini kami menyarankan untuk untuk membersihkan kondensor secara teratur. Gunakan sikat halus atau semprotan udara untuk membersihkan kotoran dan debu yang menumpuk di kondensor.

1.2 Kipas Kondensor yang Rusak

Kipas kondensor adalah komponen lain yang berperan dalam memastikan aliran udara yang cukup melalui kondensor. Jika kipas kondensor rusak atau tidak berfungsi dengan baik, aliran udara menjadi terhambat dan akan menyebabkan kompresor bekerja lebih keras dan memanas.

Solusinya dari masalah ini adalah memeriksa kipas kondensor secara berkala dan menggantinya jika diperlukan. Pastikan kipas berputar dengan lancar dan tidak ada kerusakan yang terlihat.

2. Tekanan Refrigeran yang Tidak Seimbang

2.1 Kekurangan Refrigeran

Setiap Unit AC tentunya sudah ditentukan tekanan yang di rekomendasikan sesuai dengan kapasitas dan spesifikasi dari pabrikan. Tekanan refrigeran yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan overheat pada kompresor AC. Kekurangan refrigeran dapat membuat kompresor bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kompressor menjadi overheat.

Untuk mengatasi masalah ini kita harus memastikan untuk memeriksa tekanan freon (refrigeran) secara teratur dan mengisi ulang jika diperlukan. Namun, penting untuk diingat bahwa pengisian refrigeran harus dilakukan oleh profesional yang berpengalaman dalam sistem AC. Anda bisa menghubungi ahliAC untuk pengecekan secara berkala.

2.2 Kelebihan Refrigeran

Di sisi lain, kelebihan refrigeran juga dapat menyebabkan masalah pada kompresor AC. Jika terlalu banyak refrigeran ditambahkan ke dalam sistem, tekanan akan meningkat secara berlebihan, yang dapat menyebabkan overheat pada kompresor.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk mengikuti panduan pabrikan tentang jumlah refrigeran yang tepat untuk sistem AC Anda. Jangan pernah menambahkan refrigeran lebih dari yang diperlukan.

3. Keausan pada Bagian Internal Kompresor

3.1 Kerusakan pada Katup Hisap atau Katup Pendorong

Kerusakan pada katup hisap atau katup pendorong juga dapat menyebabkan overheat pada kompresor AC. Katup-katup ini berperan penting dalam mengatur aliran refrigeran ke dalam dan keluar dari kompresor. Jika ada kebocoran atau keausan pada katup-katup ini, tekanan dalam sistem dapat meningkat secara tidak normal, yang dapat menyebabkan overheat.

3.2 Keausan pada Piston atau Silinder Kompresor

Selain itu, keausan pada piston atau silinder kompresor juga dapat menyebabkan overheat. Piston dan silinder adalah bagian yang bergerak secara konstan saat kompresor beroperasi. Jika terjadi keausan yang berlebihan pada bagian-bagian ini, gesekan tambahan dapat menghasilkan panas berlebih, yang akhirnya dapat menyebabkan overheat.

4. Sistem Elektrikal yang Tidak Berfungsi Dengan Baik

4.1 Kontak Arus Pendek

Hal yang sering tidak kita sadari adalah masalah pada sistem elektrikal yang dapat menyebabkan overheat pada kompresor AC. Salah satu masalah umum adalah kontak arus pendek, yang dapat menyebabkan arus listrik tidak stabil atau terhenti sepenuhnya, menyebabkan kompresor bekerja lebih keras dan memanas.

4.2 Suhu Berlebih pada Kumparan Motor

Suhu berlebih pada kumparan motor juga dapat menjadi penyebab overheat pada kompresor AC. Jika kumparan motor terlalu panas, ini dapat menyebabkan kompresor bekerja dengan tidak efisien dan akhirnya mengalami overheat.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk memberikan ventilasi yang cukup di sekitar motor kompresor dan memastikan tidak ada obstruksi yang menghalangi aliran udara.

Dampak Overheat pada Kompresor AC

Masalah Overheat pada kompresor AC dapat memiliki dampak yang fatal terhadap kinerja dan umur pakai sistem pendinginan. Salah satu dampak utamanya adalah kerusakan pada komponen internal kompresor, yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi. Selain itu, overheat juga dapat menyebabkan penurunan efisiensi pendinginan secara keseluruhan dan bahkan potensi kebakaran jika tidak ditangani dengan cepat.

Cara Mencegah Overheat pada Kompresor AC

1. Melakukan Pemeliharaan Rutin

Pemeliharaan rutin pada AC adalah kunci untuk mencegah overheat pada kompresor AC. Pastikan untuk membersihkan kondensor secara teratur, memeriksa kipas kondensor, dan memeriksa bagian-bagian internal kompresor secara berkala. Selain itu, pastikan untuk membersihkan atau bisa saja mengganti filter udara AC bila di perlukan, sesuai jadwal yang ditentukan.

2. Memastikan Sirkulasi Udara yang Baik

Pastikan bahwa unit AC Anda memiliki sirkulasi udara yang cukup untuk mendinginkan kompresor dengan efektif. Hindari menempatkan barang-barang di sekitar unit AC yang dapat menghambat aliran udara. Selain itu, pastikan ventilasi ruangan juga optimal agar udara dapat beredar dengan baik.

3. Mengontrol Tekanan Level Refrigeran Secara Teratur

Pastikan untuk memeriksa level Tekanan refrigeran secara teratur dan pastikan bahwa jumlahnya sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan AC. Hindari kelebihan atau kekurangan refrigeran, karena keduanya dapat menyebabkan masalah pada kompresor seperti yang telah disebutkan di atas.

4. Memeriksa Sistem Elektrikal secara Berkala

Lakukan pemeriksaan rutin pada sistem elektrikal AC untuk memastikan semua konektor dan kabel dalam kondisi baik. Hindari kontak arus pendek atau gangguan listrik lainnya yang dapat menyebabkan overheat pada kompresor.

Kesimpulan

Overheat pada kompresor AC dapat menyebabkan masalah yang serius dan bahkan berpotensi membahayakan keselamatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebabnya dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Melakukan pemeliharaan rutin, memastikan sirkulasi udara yang baik, mengontrol level refrigeran, dan memeriksa sistem elektrikal secara berkala adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah overheat pada kompresor AC. Dengan melakukan hal-hal ini, Anda dapat menjaga kinerja dan umur pakai AC Anda, serta menghindari biaya perbaikan yang tidak diinginkan.

Seringkali masalah tersebut di atas terjadi pada pengguna AC baik rumahan ataupun perkantoran, dan hal tersebut menjadi masalah besar bila tidak kita antisipasi dari awal.

Penyebab Kompresor AC Overheat, Cara mengatasi Kompresor AC Overheat, overheat pada kompresor AC, masalah pada kompressor, kompressor bermasalah, perbaikan kompressor, ganti kompressor

Hubungi Kami.. untuk mendapatkan pelayanan dan harga service terbaik

WA : 0816-872-044       Email : info@ahliAC.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi kami..
ahliAC | HVAC Specialist
Hello 👋 Dengan ahliAC
Apakah ada yang bisa kami bantu