Penggantian Freon Pada Saat Mencuci AC

freon ac

Perlukah isi freon setiap kali kita mencuci AC ? Sering kali setiap mencuci AC, Teknisi AC selalu menyarankan untuk isi freon.

Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum mengisi freon :

  1. Kekurangan Freon AC hanaya terjadi bla ada kebocoran.
  2. Tidak semua Teknisi AC profesional dan jujur.
  3. Freon memang sudah sudah kurang diawal pemasangan.

Poin ke 2 merupakan sebuah fakta yang sering sekali terjadi, Teknisi AC selalu menawarkan pengisisan freon walaupun sebenarnya ukuran freon dalam kondisi yang normal.

Dengan alasan bahwa “jika cuci saja maka AC tidak akan dingin” maka mereka menawarkan kepada anda untuk melakukan penambahan freon.  Untuk tindak kecurangan seperti ini, kita sebagai seorang pelanggan harus mengetahui tentang berapa sih sebenarnya tekanan freon AC yang normal?

Kami akan membahasa seputar pengisian freon AC agar anda sebagai konsumen tidak tertipu oleh Teknisi AC yang berlaku curang.

Kurang Freon AC Umumnya Terjadi Akibat Ada Kebocoran

Perlu anda ketahui bahwa tekanan freon AC tidak akan berkurang kecuali terdapat kebocoran pada instalasi dan juga unit AC. Tidak dingin pada AC biasanya disebabkan oleh kondisi AC yang amat kotor. Namun terkadang untuk mereka yang kurang paham selalu menganggap bahwa AC yang kurang dingin pasti disebabkan oleh tekanan freon AC yang berkurang.

Memang sih terkadang AC tidak dingin disebabkan oleh freon yang berkurang, tapi patut diingat bahwa jika tekanan freon berkurang bahkan habis, maka dapat dipastikan ada kebocoran di instalasi ataupun unit AC.

Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya jangan asal isi freon tanpa melakukan perbaikan pada instalasi yang bocor, karena akan merugikan anda, tekanan freon akan cepat berkurang atau habis selama titik kebocoran belum diperbaiki.

Pilih Teknisi AC Yang Profesional Dan Jujur

freon ac

Teknisi AC yang profesional dan jujur merupakan jaminan kita mendapatkan hasil lebih dari yang diharapkan, walaupun memang tidak melulu harus seperti itu. Pilihlah service AC yang sudah berpengalaman dan terlatih, jika perlu pesan jasa AC dari sebuah perusahan yang sudah terjamin kualitas dan penyedianya.

Lakukanlah pengecekan AC secara menyeluruh sebelum di cuci, jangan ragu untuk meminta kepada Teknisi AC, minta pada mereka untuk lebih teliti dalam melakukan pemeriksaan

Ini merupakan sebuah anjuran yang cukup penting, minta Teknisi AC yang mencuci AC anda untuk lebih teliti dalam memeriksa kondisi AC anda, jika ada yang bocor maka segera perbaiki. Inilah pentingnya melakukan pemeriksaan sebalum melakukan pencucian AC, jika terjadi masalah maka dapat diketahui lebih awal.

Bagaimana jika ini merupakan akal-akalan Teknisi AC ? Setiap cuci AC selalu bilang bahwa freon kurang ?

Ini merupakan sebuah tindakan kecurangan yang cukup merugikan pelanggan, berharap dapat untung besar namun dengan cara yang tidak terpuji. Teknisi AC seperti ini sebaiknya anda tinggalkan, masih banyak kan Teknisi AC yang memiliki kejujuran, sebaiknya lebih selektif dalam memilih Teknisi AC, pilih mereka yang benar-benar profesional saja.

Freon AC sebenarnya sudah berkurang pada saat proses pemasangan di awal

Proses pemasangan yang tidak benar bisa menyebabkan freon AC berkurang, atau bisa juga tekanan freon pada AC sebenarnya memang belum mencukupi. Perlu diingat bahwa pabrik-pun tidak selalu sempurna, terkadang ada beberapa unit AC yang memang tekanan freonnya belum cukup. Untuk itulah sebaiknya dilakukan pengecekan tekanan freon setelah AC terpasang.

Penyebab AC Kurang Freon

Penyebab AC Kurang dingin terkadang disebabkan oleh kurangnya tekanan freon, Penyebab ini merupakan hal yang paling umum selain kotor. AC dengan freon kurang sudah pasti akan membuat AC terasa kurang dingin, tindakan yang diperlukan adalah dengan melakukan penambahan freon.

Apa saja sih yang menjadi penyebab AC kurang freon ? Apakah ini merupakan hal yang biasa terjadi atau mungkin karena disebabkan oleh beberapa hal. Dan berikut ini penyebab AC kurang freon yang biasa terjadi.

Bocor pada evaporator (indoor unit)

Bocor pada evaporator menjadi penyebab yang paling sering terjadi, biasanya disebabkan oleh evaporator yang sudah tidak layak seperti adanya karat. Jika evaporator bocor diraba akan tampak seperti ada minyak atau oli, langkah perbaikan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan melakukan pengelasan pada titik yang bocor.

Bocor pada kondensor pipa (outside unit)

Seperti pada evaporator, kebocoran pada kondensor pipa juga bisa menjadi penyebab AC kurang freon. Untuk ciri kebocoran dan langkah perbaikannya hampir sama persis dengan evaporator atau indoor unit.

Kebocoran pada pipa AC

Kebocoran pada pipa AC biasanya disebabkan oleh kondisi pipa yang sudah tidak layak pakai, tanda yang dapat dilihat adalah pipa memiliki bercak hitam dan jika diraba seperti ada oli. Untuk penanganannya biasanya pipa yang bocor harus di ganti, hindarilah pengelasan pipa AC dan penyambungan. Pemasangan pipa yang utuh tanpa sambungan lebih disarankan.

Kebocoran pada neuple sambungan pipa

Kebocoran pada neuple biasanya di sebabkan oleh pemasangan yang tidak benar, pengembangan pipa yang pecah atau bahkan pecah pada neuple itu sendiri. Jika neuple pecah atau retak maka segera ganti dengan yang baru, namun jika kendur pada proses pemasangan, maka segera kencangkan.

Waktu Yang Tepat Mengisi Freon AC

Pada dasarnya freon AC tidak akan berkurang jika tidak ada kebocoran pada unit maupun instalasi. Sama seperti pada kulkas atau pendingin lainnya, pengisian freon dilakukan jika terjadi kebocoran. Jika tidak maka freon tidak perlu diisi atau ditambah.

Lalu kapan waktu yang tepat mengisi freon AC ? Apakah setiap kali cuci AC kita harus melakukan penambahan freon ?

Ketika terjadi kebocoran

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa freon AC akan berkurang jika memang telah terjadi kebocoran pada unit maupun instalasi. Pada kondisi bocor sudah pasti freon di dalam AC akan berkurang atau bahkan habis.

Jika penanganan kebocoran belum di lakukan, sebaiknya jangan melakukan pengisian freon karena ini akan menjadi sia-sia saja,nantinya freon akan kembali berkurang.

Mampat

Mampat disini bukan pada instalasi pembuangan air AC namun pada sirkulasi freon. Pada kondisi ini mau tidak mau kita harus membuang freon AC setelah itu melakukan flushing.

Mampat pada sirkulasi freon akan membuat AC tidak dingin, dan untuk mengatasi masalah ini tindakan flushing menjadi langkah yang harus diambil.

Saat mengalami kerusakan kompresor

Saat kompresor AC mengalami kerusakan apalagi mati total maka kita harus mengganti kompresor tersebut. Pada saat penggantian inilah freon didalam kompresor atau unit AC akan terbuang.

Nanti ketika kompresor sudah rapih terpasang barulah nanti pengisian freon ulang akan dilakukan.