Panjang Pipa AC Ideal

Penting Diperhatikan Panjang Pipa AC Ideal | 0816-872-044

Panjang Pipa AC Ideal
Service AC Termurah

Panjang Pipa AC Ideal – Memasang AC Split sepertinya merupakan pekerjaan yang sulit yang hanya bisa dikerjakan oleh teknisi AC yang sangat berpengalaman. Namun bagi anda yang suka tantangan dan punya niat untuk belajar, hal itu tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dengan berbekal pengalaman teknik dasar, anda bisa melakukan pekerjaan cara pasang AC Split sendiri. Ya mungkin dengan sedikit bantuan orang yang ada dirumah, maka pekerjaan memasang AC sendiri bisa anda kerjakan tanpa mengundang jasa servis AC

Baca juga : 0878-8449-9042 | Baru !! Kontraktor AC Terbaik Jakarta Barat

Panjang Pipa AC Ideal Yang Perlu DI Perhatikan

Panjang Pipa AC Ideal
Contractor HVAC

Panjang Pipa AC Ideal – Proses pemasangan pipa AC tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendapat hasil yang sesuai. Salah satunya adalah panjang pipa AC yang ideal.
Pipa AC sendiri merupakan komponen yang memiliki peran penting dalam pemasangan pendingin ruangan. Fungsi utamanya adalah untuk mengatur tekanan dalam refrigerant. Selain itu, pipa ini juga akan mengatur aliran dari refrigerant ke evaporator.
Sebagai kontraktor AC  dalam hal ini panjang atau jarak pipa yang disarankan adalah sekitar 3 sampai dengan 10m. Jangan sampai jaraknya di bawah 3 m. Sedangkan untuk panjang di atas 10 m masih diperbolehkan tetapi harus menambahkan adanya freon.

Kenapa Minimal Harus 3 M?

Jarak yang digunakan minimal memang harus 3 m. Alasannya tak lain karena pipa tembaga penghubung indoor dan outdoor mempunyai fungsi untuk mengalirkan refrigerant. Jika jaraknya terlalu dekat maka freon tidak akan bisa mengalir dengan baik. Sehingga sirkulasinya tidak bisa berjalan dengan lancar dan dapat mempengaruhi kinerja pendingin ruangan.

Sebagai informasi tambahan, pabrikan biasanya sudah menyediakan Refrigerant dalam produk AC untuk pipa berukuran 5 sampai 7 meter. Namun di beberapa tipe yang tertentu ada yang mencapai 12 m dan sebenarnya tidak perlu menambahkan freon. Meski begitu, semuanya harus disesuaikan kembali dengan kondisi di lapangan. Lalu bagaimana cara teknisi tahu apakah harus ditambah freon atau tidak? Caranya adalah dengan mengecek tekanan.

Standard Ketebalan Pipa Yang Baik

Dari pabrik menyarankan untuk minimal ketebalan pipa adalah 0.6mm, atau jika di situs Selka berarti menggunakan grade kelas PREMIUM. Selka masih menyediakan pipa dengan ketebalan grade BASIC untuk pengguna yang ingin harga installasi yang lebih ekonomis.

Panjang Pipa AC Ideal
Kontraktor AC Berpengalaman

Sangat – sangat tidak disarankan jika anda melakukan pemasangan pipa dibawah ketebalan 0.50mm untuk pipa Gas dan dibawah 0.48mm untuk pipa Cair, dengan merk yang tidak jelas. Banyak terjadi pemasangan diluar toko resmi, atau freelance yang terkesan murah karena menggunakan merk pipa – pipa lokal yang tidak diketahui standard gradenya sehingga akhirnya terjadi kebocoran dan keluar biaya lebih banyak untuk melakukan pengisian freon.

Sebenarnya ada satu lagi yang perlu kita perhatikan selain ketebalan pipa, namun ini biasanya terjadi pada pipa – pipa yang tipis sih. Kalau pipa yang tebal biasanya tidak berani. Karena sifatnya mereka mengejar keuntungan dengan menjual pipa murah yang tembaganya dicampur dengan senyawa lainnya. Biasanya ini terlihat dari tembaga yang tidak murni dan terlihat ada bercak – bercak hitam. Lalu kerugiannya adalah pipa tembaga itu harusnya bisa tahan > 5 tahun bahkan 10 tahun dan tidak korosi. Sementara tembaga campuran mungkin < 5 tahun akan korosi dan rapuh.

Rekomendasi Merek Pipa AC Terbaik

  • Pipa AC Tateyama

Pipa AC Tateyama diproses dengan standar ASTM B280 sehingga memiliki hasil jadi yang tebal dan tahan lama. Kalau kamu sedang mencari merek pipa AC yang bagus, awet, dan berkualitas, maka merek ini bisa jadi pilihan yang tepat. Untuk penggunaannya sendiri, pipa ini bisa digunakan pada jenis freon R407A dan R410A. Pipa ini dijual dalam bentuk rol dengan panjang 1 meter dan 30 meter.

  • Pipa AC Saeki

Pipa AC Saeki adalah pipa yang paling banyak digunakan untuk proyek-proyek perkantoran, gedung, dan rumah sakit. Merek ini memiliki sifat yang lunak, sehingga memungkinkan untuk ditekuk dan dilipat. Selain itu, pipa ini juga cukup tebal dan awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Pipa AC Hoda

Rekomendasi merek pipa AC yang bagus selanjutnya adalah merek Hoda. Merek pipa AC yang satu ini bisa disebut sebagai merek yang paling banyak digunakan di Indonesia karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan merek lainnya. Meskipun terjangkau, pipa ini tidak terlalu tipis dengan ketebalan 0,5 mm hingga 0,6 mm.
Hoda sendiri menyediakan jenis pipa AC dengan kapasitas ½ PK sampai 5 PK.

  • Pipa AC Artic

Pipa AC Artic adalah merek pipa yang banyak digunakan lingkungan perumahan Indonesia, khususnya untuk jenis AC split. Selain itu, merek ini banyak digunakan karena memiliki kualitas yang baik dan awet. Pipa ini juga sudah dilengkapi dengan insulasi yang membuatnya mampu meredam terjadinya proses kondensasi selama AC beroperasi.

  • Pipa AC Nippon Steel

Nippon Steel adalah salah satu merek pipa AC terbaik yang memiliki ketebalan 0.7 mm. Dengan ketebalan tersebut, pipa ini sangat layak digunakan karena tidak terlalu tipis dan juga tidak terlalu tebal. Ketebalan itupun membuat proses pemasangannya mudah serta tidak mudah bocor ketika sudah dipasang.

  • Pipa AC Sankyo

Pipa AC Sankyo memiliki ketebalan yang mumpuni serta cocok digunakan untuk freon R410 dan R32.

Panjang Pipa AC Ideal
Kontraktor AC

Panjang Pipa AC Ideal – Untuk setiap pabrikan AC tentunya selalu menginformasikan spesifikasiunit AC sampai rekomendasi ukuran pipa AC yang dapat digunakan untuk Unit AC tersebut. Dalam hal ini sebagai kontraktor AC berpengalaman, ahliAC selalu merekomendasikan pipa ac dengan kualitas tinggi walaupun harga pipa tersebut dipasarab bisa di bilang relatif mahal.

Kiranya untuk spesifikasi terbaik dan harga kiranya menunjukan kualitas sesungguhnya. Untuk pemilihan pipa AC hendaknya pilih pipa AC terbaik dengan ketebalan yang di rekmendasikan oleh masing-masing brand AC tersebut. Bila Anda merasa bingung untuk hal ini ada bauknya ANda bisa menghubungi ahliAC di 0878-8449-9042 untuk mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan – Panjang Pipa AC Ideal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LinkedIn
LinkedIn
Share
Tiktok
Chat by WA
1
Klik di sini Untuk memulai chat WA
Hallo dengan ahliAC apakah ada yang bisa kami bantu?
Hallo...apakah ada yang bisa kami bantu