Mengapa Suhu AC Memiliki Rentang 16-30 Derajat Celcius?

Home / News / Mengapa Suhu AC Memiliki Rentang 16-30 Derajat Celcius?

Kemungkinan besar pernah terngiang di pikiran anda ketika menyalakan AC yang anda miliki bahwa “kenapa saya tidak bisa mengatur suhu AC dibawah 16 Derajat ya?” Setelah melakukan pencarian yang cukup ekstensif, kami berhasil menemukan alasannya

Kenapa Suhu AC Hanya 16-30º Celcius Saja?

Suhu AC memilik standar rentang 16–30 Derajat Celcius karena memang itu suhu yang sudah ditentukan ketika pembuatan unit berdasarkan kebutuhan negara tersebut. Jika anda berada di negara dengan musim dingin, maka suhu AC bisa lebih dari 30º karena digunakan sebagai penghangat ruangan juga.

Rentang suhu ada berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh ASHRAE (American Society of Heating, Refrigerating and Air-Conditioning Engineers) dimana mereka menentukan suhu dan kelembapan udara yang nyaman pada musim tertentu.

Suhu AC

Bisa dilihat di sini kalau untuk musim panas rentang temperatur adalah 74–80,5º Fahrenheit atau sekitar 23–27 Derajat Celcius dengan kelembapan udara dijaga antara 30–60% (selengkapnya bisa dibaca di website CDC Berbahasa Inggris). Nah bedanya, kondisi cuaca di Amerika itu kering jika dibandingkan dengan negara tropis seperti Indonesia.

Prinsip mudahnya, suhu udara yang nyaman di dalam ruangan adalah kurangi 10 dari suhu udara di luar. Misalkan suhu hari ini adalah 34ºC, maka setting AC anda pada 24ºC. Dengan begitu kompresor AC anda tidak akan bekerja terlalu keras karena dengan menyetel suhu target terlalu rendah, tidak akan bisa dicapai jika suhu luar ruangan juga tetap tinggi (kecuali aplikasi untuk cold storage yang ruangannya sudah didesain khusus).

Kompresor akan bekerja terlalu keras (bisa overheat) dan menyebabkan AC cepat rusak. Itu alasan kenapa suhu paling bawah hanya 16ºC, karena jika sampai di bawah itu pun percuma. Jika suhu luar ruangan sudah mencapai titik 20 Derajat Celcius maka lebih baik anda buka jendela dibandingkan menyalakan AC kan?

Apakah bisa dimodifikasi

Mungkin anda punya keperluan khusus sehingga anda ingin memodifikasi AC anda hingga bisa bekerja sampai 0 Derajat Celcius. Maka dari itu, kami mampu memberikan solusi untuk permintaan anda.

Tentunya anda butuh kompresor yang lebih besar untuk melaksanakan tugas anda (dan daya listrik yang besar untuk menjalankan kompresor tersebut).

Juga anda butuh evaporator yang kuat untuk tetap bekerja optimal. Karena airflow itu penting dalam mendinginkan ruangan. Dengan AC yang terbaik tapi airflow-nya buruk, ruangan akan sulit untuk dingin.

Mungkin untuk lebih jelasnya anda bisa menghubungi langsung kami agar dijelaskan lebih rinci langkah-langkahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *