Manfaat Penggunaan AC Bagi Kesehatan

Kesehatan AC

AC Bagi Kesehatan – Sick Building Syndrom (SBS) mendapat perhatian publik sejak tahun 1970-an setelah krisis energi sebagai akibat dari bangunan yang lebih rapat dan berkurangnya jumlah ventilasi udara di luar ruangan.

Sejak orang Amerika menghabiskan lebih banyak waktu mereka di dalam ruangan untuk bekerja, mereka membutuhkan ruangan yang nyaman dan sehat. Lingkungan dan kualitas udara dalam ruangan yang lebih baik. Dalam lingkungan bangunan yang tidak sehat, karyawan yang tidak dapat bekerja dengan baik dan produktivitas menurun. Penyakit akibat lingkungan tidak sehat dalam ruangan meningkatkan ketidakhadiran.

Isu signifikan yang dihadapi pemilik gedung, manajer, arsitek, konsultan insinyur, dan kontraktor saat ini adalah manajemen gedung untuk membuat udara dalam ruangan lebih sehat. Pada tahun 1900-an, kualitas udara dalam ruangan telah menjadi salah satu perhatian utama dalam desain sistem, manufaktur, instalasi, dan operasi penyejuk udara (AC).

Selain berperan sebagai solusi dari permasalahan seputar cuaca panas yang kita hadapi setiap harinya, ternyata AC juga memiliki peran bagi kualitas kesehatan ruangan. Berikut pembahasannya :

Meningkatkan Produktivitas

Sebuah penelitian mengatakan seseorang lebih sulit untuk berpikir dengan baik ketika suhu di mana ia berada terlalu panas. Hal ini disebabkan serangkaian energi yang digunakan secara otomatis untuk mengurangi suhu tubuh, meninggalkan sedikit energi untuk otak bekerja. Dengan AC, Anda akan membutuhkan lebih sedikit energi untuk mendinginkan tubuh dan lebih banyak energi dapat ditugaskan untuk berpikir dan memancarkan ide-ide anda.

Elemen Untuk Relaksasi

Aromaterapi lilin + kamar dengan pendingin udara adalah kombinasi paling akurat untuk mendapatkan saat-saat berkualitas di rumah. AC membantu distribusi wewangian yang diproduksi dengan lilin aromaterapi menjadi lebih efektif dan efisien.

Kualitas Udara Terjaga

Karena kemampuannya untuk polutan filter dan bakteri, AC adalah kunci untuk sirkulasi udara yang sehat dan berkualitas. Dengan catatan, ini hanya bisa dilakukan jika AC bersih. Karena jika kotor, justru akan membahayakan kesehatan.

Solusi Untuk Asma dan Alergi

Sirkulasi udara yang sehat yang dihasilkan oleh AC sangat ideal bagi mereka yang menderita asma dan alergi. Hal ini karena keduanya memiliki akar masalah dalam bentuk kualitas udara yang buruk, terutama karena paparan jamur dan bakteri lainnya. Seperti disebutkan di atas, ini tentu dapat hanya berlaku jika AC bersih. Namun Jika AC kotor justru akan membahayakan kesehatan.

Tidur menjadi lebih mudah

Suhu tubuh juga merupakan faktor dalam menetukan kualitas tidur seseorang. Idealnya, akan ada kenyamanan yang lebih besar untuk tidur dan beristirahat dengan baik ketika tubuh pada suhu alami yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Di sinilah AC berperan menurunkan suhu ruangan untuk kondisi cuaca tropis yang panas seperti di Indonesia.

Melindungi dari berbagai jenis hama

sirkulasi udara bersih yang dihasilkan oleh AC juga bisa menjadi penangkal berbagai jenis hama. Dengan kualitas udara bersih, hama seperti kecoa, nyamuk, lalat dan tidak akan masuk dan bersarang dalam ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *