Keunggulan AC VRF Dibanding AC Split

Home / News / Keunggulan AC VRF Dibanding AC Split

KEUNGGULAN AC VRF DIBANDING AC SPLIT (Wall, Cassette, Duct, dll)

Sistem AC yang terbaru saat ini adalah Sistem AC VRF (Variable Refrigerant Flow). Jenis AC VRF merupakan jenis sistem pendingin udara yang sudah mulai digunakan dari 25 tahun yang lalu. Dulu dikenal dengan nama VRV (Variable Refrigerant Volume) yang kemudian merupakan hak paten dari salah satu merk AC.

Dikarenakan VRV merupakan hak paten suatu merk AC, maka merk AC lain menggunakan nama VRF (Variable Refrigerant Flow) yang berarti-an sama, dalam Sistem HVAC. Ada juga ada yang memiliki merk sendiri seperti GMV, Multi V, MDV, dll

Sistem AC VRF ini menggunakan teknologi inverter. sehingga teknologi ini memiliki kemampuan pengaturan kapasitas AC yang dapat mencegah pendinginan yang berlebih pada suatu ruangan dan dapat menghemat listrik si pemakai.

Tak hanya dapat menghemat listrik, Sistem AC VRF juga memiliki tingkat kebisingan yang rendah dan hemat tempat karena dapat menggunakan satu Unit Outdoor untuk mensupply beberapa Unit Indoor, serta dapat mengatur jadwal dan temperatur AC yang diinginkan secara terkomputerisasi.

Berbeda dengan pendahulunya (Single Split, Split Duct, Cassette, dll), pada system VRF ini lebih menghemat space outdoor dan outdoor bisa ditempatkan pada lokasi yang agak jauh , hingga total pipa bisa mencapai 1000 meter. Sehingga lokasi outdoor bisa ditempatkan pada atas atap gedung bertingkat.

Keunggulan pada Sistem AC VRF

1. East to Maintenance.
Semua kontrol kerja Compressor,PCB dan EXV/EEV (Electronic Expansion Valve), dapat dilakukan pada Main Board PCB pada outdoor. Sehingga memungkinkan melakukan analisa secara sederhana dan mudah.

Semua kesalahan (error) dapat dilihat pada LED Main Board yang terdapat pada Outdoor dan ditampilkan dalam bentuk error code, sehingga semua kerusakan dapat ditanggulangi dengan cepat.

2. Memiliki Kehandalan yang Tinggi.
System VRF mengadopsi Digital Scroll Compressor yang membutuhkan Main Board PCB control sehingga pengontrolan dapat dilakukan dengan mudah. Dan pada pemasangan nya membutuhkan penanganan khusus dan ditangani oleh teknisi yang sudah terlatih.

3. Bisa digunakan untuk kapasitas yang besar
System AC VRF memang dirancang untuk pemakaian kapasitas besar (8~64HP), dan tidak memerlukan ruang instalasi yang besar dalam aplikasinya, serta sistem pemipaannya pun bisa dilakukan menggunakan satu system pemipaan untuk lebih dari 64 indoor unit.

4. Space Saving Design
Penempatan outdoor yang tidak membutuhkan ruang yang luas, dan lebih mudah untuk ditempatkan di atas gedung, karena tidak memiliki bobot yang terlalu berat dibandingkan chiller.

5. Berbeda unit indoor dalam satu system
Pemilihan Indoor yang bervariasi dalam satu system, menjadikan ac VRF lebih mudah saat melakukan design kebutuhan satu bangunan. Indoor bisa dipilih berdasarkan kebutuhan ruangan (Wall Mounted, Floor standing, Cassette, Duct, Ceiling)

6. Refrigerant Type R410A.
Dewasa ini semua pabrikan yang memproduksi AC sudah menggunakan Freon yang Non CFC, sehingga bilamana terjadi kebocoran tidak akan merusak lapisan ozone dan memiliki potensi pemanasan global yang tinggi,

Refrigerant R410A ini sangat ramah lingkungan dan tidak merusak lapisan ozone (non ozone). Di jepang Amerika Serikat, hamper seluruh negara Freon jenis R410A sudah mulai digunakan untuk menggantikan R22.

Demikian keunggulan dari AC VRF. Kenali juga jenis-jenis AC lainnya di artikel berikut ini,

Kenali 5 Jenis AC Sebelum Salah Membeli. Mau Irit Listrik Malah Jadi Boros!

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *