Kenali 5 Jenis AC Sebelum Salah Membeli. Mau Irit Listrik Malah Jadi Boros!

Home / News / Kenali 5 Jenis AC Sebelum Salah Membeli. Mau Irit Listrik Malah Jadi Boros!
5 jenis AC di Indonesia dari kontraktor AC Jakarta Surabaya HVAC specialist.

Daftar Isi:

  1. AC Split
  2. AC Window
  3. AC Central
  4. AC Tower
  5. AC Cassette

Di Indonesia, pendingin ruangan atau yang kita kenal sebagai AC merupakan salah satu benda elektronik yang paling sering dicari oleh masyarakat. Mengingat Indonesia merupakan negara tropis dan hawa udara, terutama di siang hari, seringkali panas.

Ketika Anda sedang berkeliling toko elektronik atau menjelajah toko online untuk berburu AC, tentu ada tiga hal yang Anda akan pertimbangkan sebelum membeli: Kualitas AC, harga, dan kinerja AC.

Namun selain mempertimbangkan tiga hal itu, ada hal lain loh yang harus Anda ketahui. Kenali 5 Jenis AC sebelum salah membeli. Mau irit listrik malah jadi boros! Berikut ulasan lengkapnya :

5 Jenis AC Paling Populer di Indonesia

Salah satu kegunaan utama AC adalah tentu saja untuk menurunkan atau menaikkan suhu ruangan sehingga suhu di ruangan Anda bisa menjadi nyaman sesuai dengan yang Anda inginkan.

Sebelum Anda pergi ke toko elektronik untuk membeli AC, ketahui dulu beberapa jenis AC karena penting untuk mengetahui jenis-jenisnya sebelum membeli.

Anda bisa menyesuaikan jenis AC sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah 5 jenis AC yang paling populer yang harus Anda ketahui :

1. AC Split

AC Split AhliAC.com Kontraktor AC Jakarta Surabaya spesialis AC VRF. AC contractor in Indonesia, HVAC specialist.
AC Split, salah satu jenis AC yang paling umum ditemukan.

AC Split adalah salah satu jenis AC yang paling sering ditemui di Indonesia, dengan 2 komponen utama yaitu: unit pendingin yang biasanya diletakkan atau dipasang di dalam ruangan dan juga unit pembuang panas berbentuk persegi yang biasanya diletakkan di luar ruangan.

AC Split ini dalam pemasangan unit pendingin yang ada di dalam ruangan membutuhkan lubang di dinding supaya bisa terpasang. Bagi Anda yang ingin membeli AC Split, ada baiknya supaya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari AC jenis ini sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan, kami juga akan serta merta memberikan informasi mengenai jenis AC Split kepada Anda semua.

Kelebihan AC Split :

  • Harga dari AC Split lebih terjangkau atau lebih murah daripada jenis AC lainnya.
  • Dari segi perawatan bisa dilakukan dengan mudah karena bisa dibersihkan sendiri secara manual, dan untuk biaya perawatan atau service jenis AC Split juga cukup terjangkau dibandingkan jenis AC lainnya.
  • Lebih cepat mendinginkan hawa di ruangan daripada jenis AC lainnya (terutama jika menggunakan AC Split tipe inverter).
  • Mudah dicari di berbagai toko elektronik online maupun offline.
  • Tidak berisik atau tidak bising.

Kekurangan AC Split

  • Untuk segi penggunaan daya listrik, AC Split terhitung lebih boros daripada jenis AC lainnya terutama jika AC sering dinyalakan dan dimatikan akan memakan lebih banyak biaya listrik.
  • Untuk segi tampilan dan estetika kurang karena AC Split masih memiliki komponen yang menonjol entah itu di dalam ruangan atau di luar ruangan dan membutuhkan space untuk pemasangannya.

Tipe-tipe AC Split

Setelah membahas mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari AC Split sekarang kami akan memberitahu informasi kepada Anda mengenai beberapa jenis AC Split sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa tipe AC Split yang harus Anda ketahui :

  • Low Watt : AC dengan tipe Low Watt adalah AC yang menyerap daya listrik paling rendah diantara jenis lainnya sehingga cocok bagi rumah yang mempunyai daya listrik yang kecil. Namun kemampuan untuk mendinginkan suhu ruangan agak lama dibandingkan jenis AC lainnya karena memiliki kompresor yang didesain khusus untuk hemat energi listrik, cocok digunakan untuk ruangan yang sering dibuka tutup atau yang AC-nya sering dimati-nyalakan.
  • Standard : AC dengan tipe Standard sebenarnya tidak jauh berbeda dengan AC tipe Low Watt, hanya saja penggunaan energi listriknya sedikit lebih besar. Lebih cepat mendinginkan suhu ruangan dibandingkan AC tipe Low Watt dan juga hemat energi listrik.
  • Inverter : AC dengan jenis inverter menyerap energi listrik atau watt lebih besar daripada Low Watt dan Standart tipe, namun pada tarikan pertama pemakaian listriknya tidaklah terlalu besar dan watt-nya akan naik secara perlahan. AC dengan tipe Inverter ini bisa mendinginkan ruangan secaea cepat karena sudah memiliki teknologi otomatis sensor suhu.

Bagi Anda yang ingin mencari AC yang simple dan modern untuk ruangan di rumah Anda atau untuk ruangan lain yang hemat energi maka kami sarankan supaya Anda membeli AC dengan jenis Split yang telah kami bahas ini ya.

AC dengan tipe Split yang tersedia di pasaran juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan dari teknologi terbaru sehingga bisa Anda pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk harga AC Split ini yang paling terjangkau karena memiliki unit skala yang kecil.

2. AC Window

AC Window. Kontraktor AC Jakarta & Surabaya yang berpengalaman. Melayani pemasangan AC Kantor, Hotel, Komersial (Minimart, Toko)
Bagian depan dari AC Window yang menghadap ke dalam ruangan.

Jenis AC kedua yang perlu Anda ketahui adalah AC Window. AC ini merupakan salah satu jenis AC tipe lama dan bisa dibilang jarang ditemui lagi di jaman yang modern ini. AC Window, sesuai dengan namanya memiliki bentuk yang kotak dan juga berukuran lumayan besar dibandingkan dengan AC yang kita gunakan pada saat ini.

AC Window sudah sangat jarang digunakan karena dianggap tidak efisien. Kali ini kami sebagai kontraktor AC Jakarta akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari AC Window sehingga Anda bisa mempertimbangkannya sebelum membeli AC ini.

Kelebihan AC Window :

  • Dibandingkan dengan jenis AC lainnya, AC Window adalah AC yang paling hemat energi karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya perawatan dan biaya tagihan listrik.
  • Tidak mengambil terlalu banyak ruang di rumah karena langsung diinstal pada jendela pendinginan.

Kekurangan AC Window :

  • Pilihan AC terbatas pada bentuk model jendela sehingga mungkin akan sulit menemukan model AC yang sesuai.
  • Bisa menghalangi cahaya atau udara alami yang masuk dari jendela karena AC dipasang di jendela.
  • Pemasangan dan instalasi AC sangat sulit dan memerlukan banyak tenaga karena harus melubangi jendela atau tembok dengan ukuran yang cukup besar sehingga tidak efisien.

AC Window ini juga memiliki kelebihan, namun AC ini sudah jarang ditemukan karena tidak efisien. Selain itu pemasangannya yang agak merepotkan membuat orang-orang malas untuk memilih AC ini.

3. AC Central

AC Central untuk perumahan dan perkantoran, AhliAC is AC contractor in Jakarta, Surabaya, and other big cities around Indonesia. Specialist in VRF system.
Unit outdoor AC Central

Jenis AC yang ketiga adalah AC Central, AC Central ini merupakan salah satu jenis AC yang biasanya dipasang di tempat-tempat umum seperti area perkantoran atau mall.

AC ini memiliki ukuran yang besar dan memiliki bentuk seperti corong yang menempel di langit-langit. Walau mungkin kita melihat mereka menempel di langit-langit, namun AC Central memiliki sebuah mesin utama yang bertugas untuk mengatur sirkulasi udara dan suhu ruangan.

Supaya Anda makin mengenal AC Central maka kali ini kami juga akan membahas mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari AC Central ini.

Kelebihan AC Central :

  • Dari segi perawatan dan service AC Central lebih mudah dibandingkan dengan tipe AC yang lainnya.
  • Kebisingan dan juga getaran mesin utama yang ditimbulkan oleh sistem AC Central ini tidak akan mempengaruhi ruangan.
  • Lebih efisien karena beban pendingin ruangan di seluruh ruangan yang ada di dalam bangunan bisa dikontrol dari satu sistem unit AC Central saja.
  • Cocok digunakan untuk ruangan yang luas seperti bangunan mall atau bangunan perkantoran.

Kekurangan AC Central :

  • Harga pembelian dan pemasangan AC Central cukup mahal dibandingkan dengan tipe AC lainnya.
  • Biaya operasional untuk AC Central juga lumayan mahal karena harus merawat satu mesin utama yang menjadi pengontrol dari pendingin udara lainnya.
  • Jika salah satu bagian atau komponen AC Central ada yang mengalami gangguan atau kerusakan maka AC Central tidak dapat beroperasi.
  • Jika suhu ruangan atau temperatur udara terlalu dingin atau rendah maka untuk mengatur harus pada termostat yang ada pada koil pendingin di komponen AHU.
  • Proses perbaikan AC Central membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Sesuai namanya, AC Central ini adalah tipe AC yang baik digunakan untuk mendinginkan suhu ruangan di ruang-ruang besar seperti misalnya di perkantoran, sekolah, ataupun bangunan besar seperti mall.

Namun kami sarankan untuk tidak menggunakan AC Central ini di rumah sakit dikarenakan kuman, virus, dan penyakit mudah menyebar melalui AC atau pendingin udara sehingga bisa menyebabkan banyak orang yang mudah sakit.

4. AC Tower / Floor Standing

AC Floor. Kontraktor AC Jakarta Surabaya Spesialis AC VRF dan HVAC
AC Tower membutuhkan tempat yang sedikit lebar

Kami sebagai kontraktor AC Jakarta selanjutnya akan memberikan informasi mengenai jenis AC yang keempat yaitu AC Tower. Mungkin beberapa dari Anda masih asing dengan AC yang satu ini.

Sebenarnya, AC Tower ini kurang lebih sama dengan AC Split, namun memiliki perbedaan yaitu AC Tower lebih besar ukurannya. Jika AC Split diletakkan di dinding bagian atas, AC Tower ini diletakkan di lantai dan memiliki bentuk hampir seperti lemari.

Selain AC Split, AC jenis ini juga banyak dipilih oleh masyarakat. Untuk memudahkan Anda dalam memilih tipe AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda maka kali ini kami akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari AC Tower.

Kelebihan AC Tower

  • AC Tower atau Floor Standing lebih hemat energi daripada jenis AC lainnya sehingga biaya tagihan listrik bisa dihemat cukup signifikan.
  • Karena bentuknya seperti lemari atau kulkas dan biasanya memiliki roda di bagian bawah, AC Tower ini bisa dipindahkan kemana saja sesuai yang Anda inginkan sehingga sangat memudahkan.
  • Dari segi harga, AC Tower memiliki harga yang cukup terjangkau.
  • AC Tower lumayan cepat dalam mendinginkan ruangan.
  • Dari segi perawatan, AC Tower ini mudah perawatannya sehingga bisa dilakukan sendiri secara manual.

Kekurangan AC Tower

  • Biasanya AC Tower memiliki suara yang cukup bising karena power energi AC  yang cukup kuat.
  • Membutuhkan ruang atau space yang luas untuk meletakkan AC Tower ini di dalam ruangan. Sehingga tidak cocok untuk ruangan yang kecil karena bisa membuat ruangan menjadi sempit.

Bagi Anda yang ingin membeli tipe AC yang hemat energi dan ingin memindah AC kemana-mana tanpa harus repot bongkar pasang maka kami menyarankan supaya Anda membeli AC dengan jenis Tower atau yang sering disebut sebagai AC Floor Standing ini karena sangat mudah untuk dipindahkan.

Namun perhatikan juga apakah di ruangan Anda, ada space lebih untuk tempat AC ini? Karena jika tidak ada space maka bisa menyebabkan ruangan terlihat menjadi lebih sempit.

5. AC Cassette

AC Cassette AhliAC.com Kontraktor AC Jakarta Surabaya spesialis AC VRF. AC contractor in Indonesia, HVAC specialist.
AC Cassette sering digunakan di kantor dan ruangan yang luas.

Tipe AC yang kelima adalah AC Cassette yang sekarang juga mudah kita jumpai. AC jenis Cassette ini sebenarnya hampir sama juga sistem kerjanya dengan AC Split dan juga AC Tower atau Floor Standing yang baru saja kami bahas tadi.

Hanya saja berbeda pada bentuk AC-nya dan juga AC dengan tipe Cassette ini dipasang di langit-langit ruangan. AC Cassette ini biasanya kita temui di tempat-tempat luas seperti misalnya di mall atau mungkin di perkantoran. Jika Anda ingin membeli AC tipe ini ketahui terlebih dahulu kelebihan dan juga kekurangannya sehingga Anda tidak salah ketika membeli AC.

Kelebihan AC Cassette

  • Cocok untuk ruangan yang luas karena bisa menyalurkan hawa dingin dengan baik secara merata dan dapat mendinginkan ruangan dengan cepat.
  • Memiliki sensor ganda yang baik untuk memaksimalkan kerja penyaluran udara suhu rendah sehingga menciptakan kesegaran di dalam ruangan yang optimal.
  • AC Cassette juga dilengkapi dengan teknologi deteksi jumlah orang dalam ruangan sehingga jika orang yang berada di dalam ruang semakin banyak maka secara otomatis ia akan mendinginkan ruangan.

Kekurangan AC Cassette

  • Dari segi harga, AC Cassette lebih mahal dibandingkan tipe AC lainnya karena dipergunakan untuk tempat atau ruangan yang luas.
  • Perawatannya cukup sulit karena berada di langit-langit ruangan sehingga membutuhkan alat bantu.

AC Cassette ini sangatlah cocok untuk ruangan yang luas dan besar seperti misalnya mall, pertokoan, atau perkantoran. Bagi Anda yang mencari jenis AC yang tepat untuk ruangan dengan ukuran yang besar dan ingin membeli AC yang lebih hemat dan bisa menyalurkan hawa dingin dengan optimal maka kami sarankan supaya membeli AC Cassette saja ya karena lebih efisien daripada membeli banyak AC Split.

Itu tadi beberapa informasi dari kami mengenai 5 Jenis AC. Sebelum membeli AC kami sarankan untuk mengerti kebutuhan Anda barulah Anda menyesuaikannya dengan jenis AC yang tadi kami telah sebutkan di atas.

Anda bisa memilih AC Split, AC Window, AC Central, AC Tower, atau AC Cassette. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki.

Untuk bisa mendapatkan AC yang tahan lama maka kami menyarankan supaya Anda membeli AC yang memiliki merek terpercaya sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya!

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *