HVAC Specialist

0816-872-044 | Baru !! Hefa Filter Pada Sistem Tata Udara

0816-872-044 | Baru !! Hefa Filter Pada Sistem Tata Udara

Hefa Filter Pada Sistem Tata Udara – Virus COVID-19 menjadi sebuah pandemic yang mampu memukul jatuh setiap negara di dunia ini tak terkecuali Indonesia. Seluruh dunia dibuat berantakan oleh sebuah virus berukuran micro yang tidak terlihat oleh mata ini. Memiliki gejala yang hampir mirip dengan SARS dan MERS yang juga belum memiliki vaksin yang efektif mencegah penularan virus tersebut.

Penanganan Pasien Covid-19

Gejalanya yang hampir mirip dengan flu pada umumnya ini membuat kebanyakan orang merasa khawatir, pasalnya dengan adanya gejala tersebut maka tenaga kesehatan akan menjemput dan memeriksa juga melakukan isolasi terhadap mereka yang menunjukan gejala tersebut. Ia akan diisolasi dalam suatu ruang hingga mencapai 14 hari yang kemudian membuat virus dalam tubuhnya mati akibat bereaksi dengan sistem imunitas alami yang dimiliki oleh manusia.

Dalam masa isolasi tersebut, orang orang yang memiliki gejala infeksi virus ini akan dikumpulkan dengan yang lain. Mereka akan di rawat dalam sebuah Gedung yang memiliki teknologi canggih sehingga metode isolasi bagi mereka yang terinfeksi virus COVID CORONA ini tidak menyebabkan kasus infeksi baru yang dapat terjadi melalui berbagai kondisi dan iklim.

Treatment Hefa Filter Pada Sistem Tata Udara

Hefa Filter Pada Sistem Tata Udara
Hefa Filter Pada Sistem Tata Udara

Para pasien terinfeksi corona baik yang dirawat atau yang sudah positif tertular akan melakukan berbagai treatment yang sesuai protocol kesehatan demi memotong garis penularan virus tersebut. Namun dibalik metode tersebut terdapat sebuah teknologi yang diterapkan dalam Gedung Gedung rumah sakit yang menampung penderita virus corona ini. Teknologi yang berperan mencegah penularan virus corona melalui udara ini bernama filter HEFA. Untuk kamu yang belum tau tentang teknologi di bidang sistem pengolahan sirkulasi udara dalam Gedung ini, kita akan ulas secara sekilas tentang teknologi filter HEFA, baiklah kita mulai penjelasan tentang filter HEFA berikut ini

Baca juga :  Jasa Service AC Jabodetabek Bergaransi

  • Hefa Filter Pada Sistem Tata Udara

HEPA Filter adalah singkatan dari High-Efficiency Particle Filters atau sebuah penyaring partikel yang sangat kuat. Model filter ini digunakan untuk menyaring berbagai partikel kecil selain udara dalam suatu sistem sirkulasi udara. Dengan melengkapi sistem sirkulasi udara pada suatu tempat menggunakan teknologi filter HEPA ini mengklaim dapat menangkap 99,97% partikel skala mikron yang terdapat pada aliran udara dalam suatu sistem tata udara.

Dalam kasus penanganan sistem tata udara pada ruang isolasi pasien terinfeksi virus corona, penyedia Gedung harus menerapkan sebuah teknologi dimana udara dari dalam ruang isolasi tidak menyebar kemana mana sebelum dilakukan proses penyaringan terlebih dahulu. Alasan kenapa hal ini sangat penting adalah untuk menghindari penyebaran virus yang lebih luas lagi melalui udara maka dilakukan Langkah melengkapi sistem tata udara tersebut menggunakan filter HEFA.

  • Penanganan sistem tata udara

Penanganan sistem tata udara pada ruangan steril memerlukan komponen yang mampu mensterilkan udara yang bersirkulasi pada ruangan tersebut. Untuk dapat menjaga udara tetap steril maka selain menggunakan metode filtrasi, kamu juga perlu menggunakan metode negative pressure untuk menjaga agar virus, kuman dan bakteri tidak dapat bertahan hidup dengan kondisi lingkungan yang seperti itu. Selain itu kamu juga harus menerapkan sistem airlock pada setiap ruangan agar udara tidak terkontaminasi dan juga tekanan dalam ruangan steril tidak mengalami perubahan besar nilai. Semua ini adalah syarat wajib dalam suatu sistem sirkulasi tata udara dalam sebuah bangunan Gedung yang dibuat untuk setiap bangunan yang menerapkan standar rumah sakit pada ruangannya, khususnya bagi bangunan yang berfungsi menjadi ruang isolasi pasien terinfeksi corona virus di Indonesia. 

Baca juga : Service Cuci AC McQuay Surabaya

Bagaimana cara kerja dari filter ini?

Hefa Filter Pada Sistem Tata Udara sebenarnya sama seperti konsep filtrasi udara pada umumnya dimana dalam sebuah casing filter terdapat beberapa layer filter dengan bahan khusus dan memiliki kerapatan variatif bertingkat, jadi untuk layer pertama kerapatannya masih besar besar tujuannya adalah untuk menyaring partikel besar pada aliran udara yang masuk dalam sistem sirkulasi tata udara pada ruangan Gedung tersebut. Kemudian aliran udara akan menghadapi layer selanjutnya yang memiliki kerapatan layer yang lebih kecil, hal ini akan terus berulang hingga beberapa layer sampai pada layer akhir yang mampu menyaring partikel dengan ukuran mencapai partikel terkecil 0.3 mikron atau selain partikel udara.

Perbandingan Efektifitas Penyaringan Udara

Sebagai sebuah pebandingan untuk membayangkan bagaimana efektifnya penyaringan udara menggunakan HEFA Filter ini, ukuran partikel yang dapat disaring oleh spora yang terdapat pada daun adalah 3-40 mikron, sedangkan ukuran dari emisi gas buang kendaraan bermotor adalah 1 – 150 mikron, sedangkan untuk bakteri dan juga virus memiliki ukuran 0,3 – 60 mikron, lalu untuk aliran udara bersih dimana pada aliran tersebut hanya terdapat oksigen murni memiliki ukuran 0,0005 mikron. Dari penjabaran tersebut tentu kamu bisa membayangkan bagaimana kinerja HEPA filter bekerja dalam sebuah sistem sirkulasi udara bukan?

Baca juga : Cara Merawat Cold Storage

Kapan sebaiknya melakukan maintenance bila sistem sirkulasi tata udara kamu menerapkan filter HEFA ini ?

Dalam melakukan maintenance pada sebuah sistem tata udara baik skala residensial atau untuk skala bangunan ruangan gedung yang besar tentu saja memiliki variative maintenance yang berbeda beda tapi komponen filtrasi adalah salah satu komponen yang memiliki peran terpenting dalam sistem ini sehingga kondisinya akan lebih cepat kotor dan paling sering dilakukan pengecekan untuk tetap menjaga kualitas aliran udaranya. Kamu harus melakukan pengecekan minimal-minimalnya 6 bulan sekali, sebagai pertimbangan lain untuk melakukan pengecekan kondisi filter udara dapat dilakukan apabila telah terdapat ciri ciri seperti bau tidak sedap tercium dari ventilasi udara pada sistem.

Jadi demikian bahasan tentang sistem tata udara yang menerapkan metode filtrasi menggunakan HEPA Filter yang efektif menciptakan lingkungan di dalam bangunan baik Gedung ataupun rumah dengan kondisi aliran udara yang sangat steril dan tentunya bersih. Apabila kamu memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar masalah dengan perawatan dan perbaikan unit sistem tata udara atau juga sistem pendingin, Kami bisa atasi masalah pada unit sistem yang kamu miliki.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi kami..
ahliAC | HVAC Specialist
Hello 👋 Dengan ahliAC
Apakah ada yang bisa kami bantu