5 Fitur Standar HVAC yang Harus Ada di Tahun 2019

Home / News / 5 Fitur Standar HVAC yang Harus Ada di Tahun 2019

Kebutuhan masyarakat akan HVAC atau yang lebih kita kenal sebagai AC ini semakin meningkat dan bahkan menjadi salah satu kebutuhan benda elektronik yang paling penting saat ini. Karena teknologi juga berkembang tiap tahunnya, beberapa fitur pendingin udara yang spesial dulunya, menjadi standar yang harus ada di tiap unit.

Pada kali ini, kami akan menyampaikan informasi mengenai fitur yang sudah menjadi standar HVAC di 2019. Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya!

Suara yang tidak bising


Source : techharvest.asia

Dahulu, AC atau pendingin udara yang ada di dalam sistem HVAC memiliki suara yang lumayan bising. Memang kegunaannya adalah untuk mendinginkan udara di dalam ruangan, namun seringkali orang-orang merasa terganggu jika mesin dinyalakan karena itu pasti menghasilkan suara yang berisik dan menganggu.

Hal itu bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan juga berpengaruh pada efisiensi kerja. Namun berkat adanya inovasi baru, banyak produsen yang menciptakan kompresor yang lebih tenang sehingga bisa menghasilkan sistem HVAC baru yang tidak berisik. Anda tidak akan lagi terbangun di tengah malam karena suara berisik dari AC atau kipas angin Anda.

Mengontrol ruangan lebih baik


Source : mhiaa.com.au

Fitur standar HVAC yang kedua adalah memiliki kontrol yang sudah lebih baik dari AC-AC sebelumnya. Dalam beberapa tahun belakangan ini, kita bisa menemukan lebih banyak AC yang sudah menggunakan teknologi terbaru yaitu termostat yang bisa diprogram untuk hemat energi.

Sudah hampir semua AC menggunakan termostat pintar yang membuat tenaga listrik di rumah Anda menjadi lebih efisien. Selain itu AC terbaru ini akan memberikan si pemilik lebih banyak kontrol sehingga kita bisa menyesuaikan penggunaan.

Dilengkapi dengan sensor khusus yang bisa mendeteksi suhu dan juga kelembaban pada lingkungan sekitarnya. Sensor ini yang memudahkan AC untuk bisa mengatur termostat mereka sendiri secara otomatis, yang bisa menghidupkan dan mematikan mesin secara otomatis sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna. Sensor ini juga membuat kita menjadi lebih berhemat karena AC bisa menyesuaikan terhadap kondisi ruangan sehingga bisa membuat kita menjadi lebih berhemat dalam pengeluaran tagihan listrik serta membuat AC menjadi tidak cepat rusak.

Teknologi Smart Homes


Source : tech.co

Fitur standar HVAC selanjutnya adalah teknologi smart homes yang belakangan ini sedang populer. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini semuanya bisa diakses menggunakan internet, dan ini bukan hal yang asing lagi karena hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari kita terintegrasi dengan internet.

Para ilmuwan telah menciptakan teknologi pintar yang dimasukkan ke dalam sistem. Hal ini memungkinkan kita untuk menyalakan dan mematikan AC di ruangan hanya dengan menggunakan telepon genggam kita.

Kita tidak lagi perlu mencari-cari remote control AC karena kita bisa memanfaatkan ponsel ccanggih milik kita. Dan yang menarik, kita juga sangat mungkin untuk mengendalikan AC dari jarak jauh melalui ponsel canggih kita.

Anda bahkan bisa mematikan atau menyalakan pemanas dan pendingin udara dari ponsel Anda. Sungguh memudahkan kita bukan?

Komponen AC yang lebih ramah lingkungan


Source : 100comments.com

Selain lebih mudah dioperasikan dan juga memiliki banyak kelebihan, AC di tahun 2019 ini juga semakin berkembang di bagian komponen penyusunnya.

Jika sistem HVAC yang berada di dalam mesin pendingin tahun-tahun yang lalu masih menggunakan R22 atau yang kita kenal sebagai freon, maka pada tahun 2019 ini sudah banyak brand yang meninggalkan freon.

Freon memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan terutama bagi lapisan ozon bumi. Karena itulah, pada akhirnya EPA memilih untuk menghapuskan penggunaan freon yang merupakan salah satu jenis refrigeran secara bertahap.

Sistem HVAC pada tahun-tahun belakangan ini sudah menggunakan komponen yang lebih ramah lingkungan atau yang dikenal sebagai R410a yang terbukti lebih efisien dan juga ramah lingkungan.

Bisa mengatur kecepatan AC


Source : blibli.com

Anda harus bersyukur karena pada saat ini kita bisa mengatur kecepatan atau suhu AC atau kipas dengan sangat mudah. Pada jaman dahulu, kipas angin ventilasi atau Air Conditioner hanya memiliki dua pengaturan saja yaitu hidup dan mati.

Namun sekarang kita bahkan bisa menentukan kecepatan atau suhu dari AC atau kipas angin selain menyalakan dan juga mematikannya. Hal ini jauh membuat sistem HVAC menjadi lebih efisien dan juga lebih baik daripada sebelumnya. Ketika Anda merasakan panas di siang hari atau kapanpun maka Anda bisa mengatur suhu dan kecepatan sesuai dengan keinginan Anda. Ketika Anda ingin mengatur suhu di ruangan tempat Anda berada maka itu akan lebih memudahkan. Anda bisa dengan mudah menyesuaikan termostat sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Sangat memudahkan bukan

Nah, setelah mengetahui fitur-fitur HVAC yang sebaiknya sudah dimiliki semua AC di rumah dan kantor Anda, saatnya mengetahui penggunaan AC yang baik dan benar.

Itu tadi fitur standar HVAC 2019, ternyata semakin tahun semakin muncul teknologi yang baru dan juga sangat menguntungkan bagi kita. Semoga apa yang kami sampaikan hari ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya yang sedang mencari informasi mengenai pendingin udara. Apakah AC di rumah atau kantor anda sudah memeiliki fitur2 yang dijelaskan diatas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *