Tarif Listrik Naik Karena AC? Yuk Ketahui Faktanya!

Home / News / Tarif Listrik Naik Karena AC? Yuk Ketahui Faktanya!

Pernahkah Anda tercengang ketika mendapatkan tagihan listrik yang cukup mahal dalam sebulan? Tentu saja tarif listrik naik seiring setiap bulannya itu cukup membuat Anda terkejut dan berat hati ketika membayar tagihan.

Anda mungkin akan langsung berpikir, “Tarif listrik naik karena AC nih.” Biasanya memang salah satu penyebab mengapa listrik bisa melonjak naik adalah karena penggunaan benda-benda elektronik terutama penggunaan pendingin ruangan atau air conditioner.

Namun tahukah Anda jika ternyata kesalahan dalam pengunaan AC adalah faktor yang sangat riil yang menyebabkan tarif listrik naik? Berikut adalah beberapa faktornya.

Pengaturan suhu yang tidak tepat

tarif listrik naik 01

PickaBlog – Pickaboo.com

Ketika siang hari mungkin beberapa dari Anda mengeluh karena merasakan hawa yang panas membuat tubuh Anda menjadi gerah dan berkeringat. Biasanya, banyak orang yang mengatur suhu AC Anda menjadi lebih dingin.

Setelah diusut, ternyata inilah yang menjadi salah satu sumber masalah yang membuat tarif listrik naik karena AC anda tidak diset pada suhu yang tepat dengan ruangan anda.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa sebenarnya tubuh manusia dapat beradaptasi dengan suhu yang berbeda dalam waktu sekitar satu hingga dua minggu.

Mungkin bagi Anda yang sering berada di dalam ruangan ber-AC pasti sudah terbiasa dengan suhu ruangan yang rendah, namun sebenarnya tubuh kita bisa beradaptasi dengan mudah dan terbiasa dengan suhu ruangan yang lebih tinggi.

Sehingga jika Anda mengatur suhu atau temperatur di ruangan Anda menjadi lebih tinggi, bisa membuat AC atau pendingin ruangan Anda lebih hemat sekitar 1,5% energi untuk tiap derajat suhu yang lebih panas. Suhu terlalu rendah juga bisa mengakibatkan tagihan listrik kita naik!

Menggunakan AC secara nonstop

tarif listrik naik 02

H&H Air Conditioning

Sebenarnya banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan tarif listrik naik karena AC di rumah atau kantor Anda. Salah satunya adalah penggunaan AC secara nonstop. Seperti yang Anda ketahui, kebanyakan AC membutuhkan beberapa waktu untuk bisa sampai ke suhu yang sesuai dengan yang kita atur atau yang kita inginkan. Mungkin membutuhkan waktu beberapa menit untuk menunggu udara di AC itu dingin.

Jika Anda menyalakan AC secara nonstop maka AC membutuhkan waktu yang lebih lama dan bisa melebihi kapasitasnya. Jika hal itu terus terjadi, maka bisa menyebabkan masalah pada bagian termostat yang bisa menyebabkan tagihan listrik di rumah atau di kantor Anda jadi naik dan bisa menimbulkan beberapa masalah pada AC Anda.

Oleh karena itu sebaiknya mulai sekarang, jangan nyalakan AC terus-menerus di ruangan Anda. Sebaiknya luangkan waktu beberapa jam untuk mematikan AC sehingga mesin komponen di dalam AC bisa berhenti bekerja sejenak.

Dengan meluangkan waktu untuk mematikan AC sejenak itu juga membantu Anda untuk menghemat biaya tagihan listrik dan juga membuat AC tidak cepat rusak.

Tidak membersihkan filter udara AC

tarif listrik naik 03

Colbycool

Fakta ketiga yang mungkin jarang sekali Anda ketahui yang menyebabkan tarif listrik naik karena AC adalah mungkin karena Anda jarang atau tidak pernah membersihkan filter udara AC yang ada di ruangan Anda.

Harus Anda ketahui jika filter udara pendingin ruangan atau AC harus dibersihkan minimal 3 bulan sekali, supaya kotoran dan debu yang menempel di filter bisa bersih sehingga mesin-mesin komponen yang berada di dalam AC bisa bekerja dengan optimal.

Filter AC yang kotor bisa menyebabkan ventilasi menjadi buruk, yang mana juga bisa membuat kerja unit AC di beberapa ruangan Anda menjadi tidak efisien. Akibat lain jika Anda tidak membersihkan filter udara AC secara rutin adalah bisa mengakibatkan konsumsi listrik di rumah atau di kantor Anda menjadi meningkat hingga 5% – 15%.

Hal itu bisa terjadi karena AC harus bekerja lebih keras lagi untuk menghasilkan udara yang dingin. Bahkan itu juga bisa mempengaruhi masa penggunaan unit Ac Anda. Oleh karena itu, sejak saat ini bersihkan filter udara di pendingin udara Anda secara rutin.

Setidaknya 1 hingga 3 bulan sekali, selain bisa menyebabkan hal-hal yang tadi kami sebutkan, filter AC yang kotor juga bisa membahayakan kesehatan orang yang berada di dalam ruangan.

Memasang AC yang memiliki ukuran tidak sesuai

tarif listrik naik 04

BestForYourHome

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui ukuran AC yang ada serta ukuran ruangan yang akan dipasangi AC. Sebelum memasang AC di rumah atau di kantor Anda, Anda harus lebih dulu mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah menyesuaikan AC yang akan Anda beli dengan ruangan yang nantinya akan dipasang AC.

Jika memasang AC tidak tepat dan ukurannya tidak sesuai maka bisa menyebabkan tagihan listrik membengkak dan membuat AC tidak bekerja secara efisien. Anda tentu saja tidak mau kan menghabiskan banyak uang tiap bulannya?

Tentu saja Anda juga harus tau jenis AC apa saja yang cocok dengan rumah yang Anda miliki.

Memasang AC dengan jendela dan pintu terbuka

Tarif listrik naik 05

Air and Water Residential

Kesalahan fatal selanjutnya yang bisa menyebabkan tagihan listrik Anda naik adalah karena Anda salah memasang AC di ruangan. Sebaiknya ketika Anda ingin memasang AC, maka pertimbangkan dahulu ruangan mana yang akan Anda pilih. Apakah ruangan itu benar-benar tertutup atau tidak?

Karena AC akan bekerja lebih efektif jika dipasang di ruangan yang tertutup. Oleh karena itu setiap kali Anda menyalakan AC maka jangan lupa untuk menutup pintu ataupun jendela di ruangan tersebut.

Kesalahan paling fatal yang sering dilakukan adalah lupa untuk menutup jendela atau pintu di ruangan sehingga bisa membuat AC tidak terasa dingin dan tidak bekerja secara efektif, akibatnya AC hanya akan buang-buang energi dan bisa membuat tarif listrik naik.

Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja faktanya? Kesalahan-kesalahan yang di atas secara tidak sadar seringkali kita lakukan, oleh karena itu mulai sekarang sebaiknya mulai ubah kebiasaan buruk Anda untuk menggunakan AC sehingga tagihan listrik tiap bulannya tidak membengkak. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semua!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *