AC Bocor Freon

Penting Ketika AC Bocor Freon | 0816-872-044

Masalah pasa AC sangat beranekaragam salah satunya adalah AC Bocor Freon. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab AC bocor freon. … AC kurang dingin atau bahkan tidak dingin. Munculnya bunga es pada pipa instalasi. Tidak ada suhu panas yang keluar di bagian unit outdoor. Hal tersebut merupakan beberapa indikasi dari masalah tersebut.

Baca juga : 0878-8449-9042 | Baru !! Kontraktor AC Terbaik Jakarta Barat

Ciri – ciri AC Bocor Freon

AC Bocor Freon
AC Bocor Freon

Harus benar-benar diperhatikan bahwa Jangan pernah biarkan freon AC habis terlalu lama. Selain membuat ruangan terasa nggak nyaman, AC pun akan jadi cepat rusak. Dalam situasi terburuk, freon AC yang sudah habis bisa beresiko mengeluarkan zat racun yang berbahaya.

  • Suhu ruangan terasa tidak dingin

Secara umum AC dapat bekerja untuk menjaga kesejukan dan menstabilkan suhu ruangan dengan mengeluarkan hawa dingin. Kita harus curiga apabila ruangan mulai terasa tidak dingin, meski telah dinyalakan seharian dengan suhu yang paling rendah.

Tindakan awal dengan cara cek secara umum atau bila Anda tidak memiliki kompetensi jangan ragu untuk segera menghubungi ahliAC di 0878-8449-9042 untuk konsultasi dan melakukan pengecekan oleh teknisi.

  • Pipa AC tidak dingin

Bila Anda menemukan adanya tumpukan bunga es pada unit pipa instalasi indoor atau outdoor, maka jelas hal ini perlu Anda waspadai. Kondisi ini kerap terjadik karena tekanan freon pada AC mulai berkurang. Untuk itulah Anda perlu segera memeriksanya.

  • Lampu indikator berkedip

Setiap unit AC indoor pasti memiliki indikator lampu timer. Nah, biasanya lampu ini akan berkedip untuk memberikan signal bahwa ada masalah pada komponen dalam AC, seperti tekanan freon yang habis ataupun kompresor AC.

  • Air AC bocor

Freon AC yang habis juga bisa menyebabkan penggumpalan pada bagian evaporator AC. Inilah yang bisa menyebabkan terjadi kebocoran air pada AC. Jika hal tersebut dibiarkan maka besar kemungkinan akan merusak komponen AC yang lain.

  • AC mengeluarkan hawa panas

AC akan mengeluarkan udara panas ketika freon habis. Hal ini terjadi karena AC sudah tidak bisa menyerap udara panas secara maksimal dan mengubahnya menjadi udara sejuk pada ruangan.

  • AC mengeluarkan bunyi yang berisik

Ketika AC Anda mulai menghasilkan suara bising, maka ini bisa menjadi tanda bahwa freon AC kurang atau habis. suara bising terjadi diantaranya munculnya bunga es dan tertiup udara dan kemudian memantul dan akhirnya menimbulkan suara bising

  • Merasakan gejala keracunan

Anda harus berhati-hati karena freon AC yang habis juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Senyawa pada freon yang berbau, tentu akan mudah terhirup oleh Anda.

AC Bocor Freon
Cara Mengatasi AC Bocor Freon

Tahapan Dan Cara Memperbaiki AC Bocor Freon

  • Tahap Awal

Pasang Manifold pada nepel pengisian freon di unit outdoor, setelah lakukan pengisian freon. Hal ini memiliki tujuan agar instalasi freon pada AC mempunyai tekanan, sehingga kita bisa mencari dimana letak kebocorannya.

  • Tahap Kedua:

Buka semua casing atau tutup indoor dan outdoor, sehingga kita bisa mengamati dengan jelas pada bagian evaporator dan kondensor.

  • Tahap Ketiga

Ketika mengamati bagian evaporator dan kondensor, siapkan juga spon yang sudah kita celupkan pada air sabun sehingga dapat menghasilkan busa. Amati di kedua bagian tersebut, jika terdapat bagian yang dicurigai terjadi kebocoran misalnya terdengan suara desisan angin keluar ada banyak minyak, oleskan busa pada bagian tersebut.

Bila pada bagian yang kita curigai keluar gelembung udara setelah di oleskan air sabun dengan busa maka sudah dipastikan bagian tersebut bocor.

Letak dan Cara Memperbaiki AC Bocor Freon

  1. Jika suatu letak dari kebocoran berada pada unit evaporator indoor atau kondensor outdoor, jika memungkinan kita bisa memperbaikinya dengan cara di las. Akan tetapi ada kosekuensi yang harus kita tanggung, biasanya kalau hanya di las suatu saat kebocoran akan terulang lagi di sebelahnya kebocoran sebelumnya atau di lain tempat. Sehingga, biasanya kami menyarankan lebih baik untuk mengganti unit yang baru atau pun dengan unit second, dengan kondisi yang masih normal.
  2. kemungkinan kebocoran terjadi pada pipa instalasi, juga sama solusinya. Jika memungkinan dalam artikan kondisi pipa masih lumayan bagus kita bisa menyambung ulang pada bagian yang bocor menggunakan las. Namun jika suatu kondisi pipa instalasi sudah tidak memungkinan dan di kwatirkan kebocoran terjadi kembali, sebaiknya kita ganti saja pipa instalasi tersebut.
  3. Jika kebocoran terjadi pada sambungan pipa tepat pada fleringan pipa, biasanya pecah atau fleringan tidak sempurna. Kita bisa mem-flering ulang kembali pipa tersebut.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LinkedIn
LinkedIn
Share
Tiktok
Chat by WA
1
Klik di sini Untuk memulai chat WA
Hallo dengan ahliAC apakah ada yang bisa kami bantu?
Hallo...apakah ada yang bisa kami bantu