7 Alasan Kenapa Memilih AC Dengan Teknologi AC VRF

Home / News / 7 Alasan Kenapa Memilih AC Dengan Teknologi AC VRF

Semisal Anda ingin mengganti sistem HVAC yang Anda miliki, terdapat model yang lebih modern di pasaran dengan teknologi yang lebih baru. Model ini disebut variable refrigerant flow (dikenal juga dengan AC VRF) , yang merupakan generasi terbaru dan terbaik dalam teknologi pendingin dan pemanas udara yang tersedia di pasaran saat ini.

Layaknya sistem pendingin udara konvensional yang banyak dipakai dalam ruangan, sistem AC VRF merupakan pendingin udara yang berbasis pada refrigerant, juga menggunakan unit kondensor di luar ruangan dan unit kipas di dalam ruangan. Tapi kesamaannya hanya sampai di sini.

Alih-alih berukuran besar dan mengeluarkan suara berisik, sistem AC VRF menggunakan beberapa air handler yang bisa dikontrol secara terpisah lalu digabung dalam satu saluran. Istilah variable refrigerant flow merujuk pada kemampuan sistem untuk mengontrol aliran angin ke sejumlah saluran. Terdapat sejumlah alasan kenapa sistem ini harus dipilih jika ingin membeli pendingin udara baru.


Sumber: fortengg.com

#1. Kontrol modern

Sebagai generasi terbaru, pengoperasian pendingin udara dengan sistem ini sudah lebih dari canggih. Memang masih terdapat remot manual layaknya teknologi konvensional, tapi mengoperasikan lewat smartphone juga sangat dimungkinkan karena sudah dilengkapi fitur aplikasi.

Lewat kontrol secara mobile ini, pengguna dapat menyesuaikan suhu untuk tiap zona ruang hanya dari sentuhan layar ponsel. Untuk keperluan komersial, kontrol sistem VRF memungkinkan pemilik hunian, seperti kantor atau restoran, menghindari software manajemen hunian yang berharga mahal.

#2. Hemat ruangan

Dengan saluran udara yang lebih kecil dan system AC VRF tak butuh pipa, ada banyak ruangan yang bisa dihemat. Sistem ini tak membutuhkan dinding atau ruangan langit-langit untuk meletakkan unit. Dengan demikian, masih banyak ruang tersisa yang dapat dialokasikan untuk keperluan lain.

Dalam hal ini, sistem AC ini mampu memberikan fleksibilitas saat instalasi, dan tepat diterapkan pada hunian skala kecil. Desainnya yang ringkas mampu memberi kenyamanan lain dalam hal visual, dalam arti, sistem VRF HVAC tak mengganggu pemandangan saat sedang menikmati waktu.

#3. Tahan banting

Karena sistem AC VRF didesain untuk bekerja hanya ketika dibutuhkan saja, juga kemampuannya dalam mengontrol air handler secara parsial, maka kemungkinan rusak menjadi lebih kecil. Itu berarti, sistem ini menawarkan potensi kerusakan yang lebih sedikit dibanding sistem lama.

Juga, semisal terjadi kerusakan pada salah satu air handler, bagian air handler yang lain tak akan terpengaruh. Dalam maksud yang lebih luas, penghuni ruangan tak akan pernah tanpa udara sejuk dalam situasi apapun. Dibanding versi lama, jika air handler rusak, pendingin ruangan tak akan bekerja.

#4. Hemat energi

Sistem AC VRF mengkonsumsi energi lebih sedikit dengan berbagai alasan. Yang utama, sistem ini didesain untuk menghadirkan sensasi dingin sesuai jumlah yang dibutuhkan dalam ruangan pada kondisi terbaru. Artinya, sistem akan bekerja lebih jarang dan konsumsi energi jadi lebih sedikit.

Yang menarik, sistem VRF HVAC mampu mengatur suhu panas yang dibawa udara, lalu mengedarkan panas ini pada area yang memerlukan. Karena kemampuannya menghemat energi, sistem VRF HVAC tepat digunakan pada sejumlah bisnis, misalnya untuk restoran dan perkantoran.

#5. Konsisten memberi kenyamanan

Kompresor dalam sistem AC VRF sudah dilengkapi fitur pendeteksi suhu yang mampu menentukan kebutuhan ‘dingin’ tiap ruangan. Tak hanya sebatas itu, sistem akan membaca berapa tingkat kelembaban yang dibutuhkan, apakah diperlukan udara dingin lebih banyak atau tidak.

Sistem lalu membuat kalkulasi dan mengeluarkan udara dingin sesuai kebutuhan tanpa harus diatur ulang secara manual. Sebagai hasilnya, tiap area dalam ruangan akan menerima hembusan udara dalam jumlah yang cukup. Lebih lanjut, situasi seperti ini tentu memberi kenyamanan lebih ke pengguna.

#6. Panas dingin bersamaan

Sistem AC VRF akan menangkap panas tersisa yang masih dibawa udara saat proses pendinginan berlangsung, lalu mengembalikan panas ini ke bagian lain dalam ruangan yang sekiranya membutuhkan panas. Inilah keunggulan mutlak dari sistem VRF HVAC dibanding generasi lama.

Artinya, penghuni rumah tetap bisa menikmati sejuknya udara saat memasak, sedang kamar tidur tetap dibuat tetap hangat supaya anak-anak dapat tidur dengan nyaman. Poin utamanya, sistem VRF HVAC dapat melakukan pekerjaan secara bersama tanpa harus mengatur sistem secara manual.

#7. Tidak bising

Dalam sistem AC VRF, unit kondensor yang bekerja tak akan banyak mengeluarkan bising, dan itupun masih bisa diletakkan di luar. Perbedaan tingkat kebisingannya bahkan jauh dibanding versi sebelumnya. Air handler yang terletak dalam ruangan juga berukuran lebih kecil dan lebih senyap.

Bidang perkantoran merupakan segmen pengguna paling tepat dari sistem VRF HVAC karena tak memicu kebisingan, yang nantinya tak mengganggu produktivitas. Begitupun dengan hunian yang mempunyai banyak pembagian zona juga sangat dianjurkan untuk memakai sistem VRF HVAC.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *